Tanpa Sengketa, 25 Caleg DPRD Kaur Ditetapkan Senin

Daerah  SABTU, 20 JULI 2019 , 20:19:00 WIB | LAPORAN: AIDIL HARYANTO

Tanpa Sengketa, 25 Caleg DPRD Kaur Ditetapkan Senin

Irpanadi

RMOLBengkulu. Komisi pemilihan umum Kabupaten Kaur sudah menjadwalkan proses penetapan kursi dan caleg DPRD kabupaten Kaur. Sebanyak 25 cleg terpilih akan ditetapkan pada Senin 22 Juli 2019 di Gedung Kuliner Bintuhan.

Ketua Divisi Teknis KPU Kaur, Irpanadi mengatakan, bahwa proses penetapan dilakukan karena KPU sudah mendapati Nomor Buku regester perkara konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi melalui KPU RI. Dimana nomor panetera yang menyatakan bahwa hasil Pileg DPRD Kabupaten Kaur tidak ada sengketa atau gugatan akan dicantumkan di dalam.berita acara penetapan caleg terpilih. Kemudian disusul sudah adanya surat edaran dari KPU RI.

"Alhamdulillah karena sudah ada petunjuk dari KPU RI melalui KPU Prov kita akan tetapkan kursi dan cleg terpilih periode 2019-2024 pukul 14
00 WIB senin 22 Juli. Sehingga hasil penetapan nanti akan diusulkan ke Gubernur melalui Bupati untuk dilantik," ujar Irpanadi kepada RMOLBengkulu, Sabtu (20/7).

Dikatakannya, pihaknya sudah rapat persiapan penetapan. Dalam.proses penetapan akan dilakukan proses penghitungan sistem baru yakni sistem sainte Lague atau perhitungan dibagi habis hilangan ganjil. Sehingga berbedah dengan perhitungan pembagian kursi di pemilu 2014 lalu yang menggunakan sistem dibagi Bilangan Pembagi.

"Dalam penetapan nanti kami akan lakukan dengan transfaran. Agar masyarakat dan parpol juga bisa mendapatkan pendidikan politik. Sebab perhitungan pembagian kursi dilakukan ini baru kali ini atau perdana,"ujar mantan Jurnalis ini.

Lanjut Irpan, bahwa pihaknya akan mengundang FKPD dan Cleg terpilih serta pimpinan partai dan Bawaslu. Pihaknya beryukur proses pemilu di Kaur berjalan sesuai harapan lancar, aman damai dan sejuk. Terbukti tidak ada sengkete dan gugatan terhadap hasil prolehan suara hsil pemilu.

"Kita juga bersyukur tingkat partisipasi pemilih masyarkat pada pemilu kali ini cukup tinggi mencpai 85 persen. Ini semua tak luput bentuk tingginya kesadaran masyarakat akan pentingjya memberikan hak suara pada pemilu. Untuk proses pelaksanaan pencoblosan juga berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada pelanggaran yang berarti. Ini semua juga bentuk dukungan semua pihak dan masyarakat di Kabupaten Kaur," demikian Irpanadi. [ogi]


                    q


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00