UPTD Kota Mukomuko Mulai Terapkan Full Day School

Daerah  JUM'AT, 19 JULI 2019 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

RMOLBengkulu. Hasil musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan wilayah Kecamatan Kota Mukomuko memutuskan untuk menerapkan sistem sekolah 5 hari atau dikenal dengan full day school. Sebelumnya, di wilayah itu, pelajar bersekolah selama 6 hari dalam seminggu.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, Subaryadi mengatakan, sistem sekolah 5 hari ini baru dikhususkan untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).

"Pada tahun ajaran baru ini sekolah di wilayah UPTD Kota Mukomuko mengajukan ke kami untuk menerapkan 5 hari sekolah sesuai hasil musyawarah K3S di wilayah tersebut. Pihak sekolah juga sudah siap semuanya, kita akan mulai minggu depan penerapan full day school" ungkap Subaryadi, Jumat (19/7) saat dikonfirmasi.

Menurutnya, penerapan 5 hari sekolah ini untuk sementara hanya dilaksanakan di wilayah UPTD Kota Mukomuko, sedangkan 6 UPTD lainnya masih melaksanakan 6 hari sekolah.

"Di Kabupaten kita ini ada 7 UPTD yakni UPTD Air Rami, Ipuh, Pondok Suguh, Penarik, Teras Terunjam, Kota Mukomuko dan Lubuk Pinang. Masing-masing UPTD ada yang menaungi 1 Kecamatan, 2 Kecamatan dan 3 Kecamatan," rinci dia.

Dikatakan dia, penerapan 5 hari sekolah ini berimbas pada bertambahnya jam belajar dalam satu hari.

 "Kalau jam masuk tetap seperti sebelumnya. Sedangkan waktu pulang jelas berbeda biasanya jam 12 menjadi jam 2-an. Namun waktu pulang ini tidak berlaku seluruh siswa. Kelas 1 atau 2 sampai kelas 6 itu tidak sama waktu pulangnya ada perbedaan," jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala UPTD Kota Mukomuko, Harlan membenarkan bahwa pada tahun ajaran baru ini sebanyak 24 SD di wilayah UPTD Kota Mukomuko akan melaksanakan 5 hari sekolah sesuai hasil musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD.

"Penerapan 5 hari masuk ini hanya untuk SD saja. Di wilayah UPTD Kota Mukomuko ada 24 SD dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Kota Mukomuko, Air Dikit dan XIV Koto," tutupnya. [ogi]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00