Kades Upayakan Kembalikan Ratusan Juta Ke Kas Desa

Daerah  JUM'AT, 19 JULI 2019 , 06:22:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Kades Upayakan Kembalikan Ratusan Juta Ke Kas Desa

Dery Cahyadi/Net

RMOLBengkulu. Kades Nangai Amen Deri Cahyadi, menjadwalkan dirinya akan mengembalikan dana desa senilai Rp 200 juta ke kas desa, sebelum masa tenggat yang dijadwalkan, Sabtu (20/7) besok.

Demikian disampaikannya kepada RMOLBengkulu, Kamis (18/7) siang. "Saya kemarin (Rabu,) sudah ke Inspektorat terkait rekomendasi  tersebut. Memang saya rencanakan sebelum batas terakhir (Sabtu, red)," katanya.

Dia mengutarakan, upaya pengembalian itu masih dalam proses. Sedianya, kata Dery, apabila uang itu telah dikembalikan maka proses di Aparat Penegakan Hukum (APH) juga harus clear.

Disisi lain, pengembalian ini bukan mengakui sebuah kesalahan sebagaimana kabar beredar belum lama ini. Melainkan, upaya menindaklanjuti hasil rekomendasi instansi terkait.

"Pada prinsipnya saya akan menyetor uang yang diminta dikembalikan ke kas desa sebagaimana hasil rekom Inspektorat. Walaupun sebenarnya, menurut hemat saya pekerjaannya telah selesai dan penghitungan sudah tuntas," demikian Dery.

Terpisah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto menegaskan, per tanggal 18 Juli 2019 belum ada laporan bahwa rekomendasi pengembalian uang sebanyak ratusan juta tersebut telah dilaksanakan.

"Belum ada. Tapi masih ada waktu sampai tanggal 20 Juli," ujarnya.

Dia menyarakan, agar rekomendasi segera dilaksanakan. Sebab, apabila belum tuntas maka desa itu belum bisa mencairkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama. [tmc]


                    q



Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40