9 Dam Parit Dan 2 Embung Akan Dibangun

Daerah  SELASA, 16 JULI 2019 , 19:04:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

9 Dam Parit Dan 2 Embung Akan Dibangun

Kadis Dan Kabid Saat Survei Ke Lokasi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Guna meningkatkan produktivitas padi, Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong, tahun 2019 ini akan membangun 9 dam parit (irigasi), dan 2 embung di sembilan titik daerah setempat.

Kepala Disperkan Lebong, Emi Wati melalui Kabid Prasarana dan Sarana, Maryanto mengungkapkan, sebelas paket ini tersebar di Kecamatan Pinang Belapis, Lebong Atas, Lebong Utara, Bingin Kuning, Lebong Sakti, dan Lebong Tengah.

Dia menyebutkan kegiatan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebanyak Rp 2,1 Miliar. "Sekarang masih dalam proses pengajuan," kata Maryanto kepada RMOLBengkulu, Selasa (16/7) siang.

Lanjut dia, pertimbangan membangun ketiga bangunan itu adalah karena masyarakat kerap kesulitan mendapatkan pasokan air. Sementara untuk penempatan lokasi pembangunan itu sesuai usulan masyarakat itu sendiri.

"Melalui program Disperkan ini harapan kita hasil pembangunan menyentuh untuk masyarakat, membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Lebong," sambungnya.

Lebih lanjut, walaupun DAK Pertanian tahun 2019 ini mengalami penurunan jika dibandingkan penerimaan tahun 2018 lalu. Ia berharap tahun 2020 mendatang meningkat.

"Mudah-mudahan tahun 2020 mendatang meningkat, kita berdo'a saja. Tahun ini memang ada penurunan sedikit," demikian Maryanto. [tmc]



                    q



Komentar Pembaca