Siswa Baru Di Rejang Lebong Alami Trend Penurunan

Daerah  SENIN, 15 JULI 2019 , 19:21:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Siswa Baru Di Rejang Lebong Alami Trend Penurunan

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Berdasarkan pendataan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rejang Lebong, jumlah siswa baru tingkat SD, SMP dan SMA didaerah itu  mengalami trend penurunan.

Kepala Disdikbud Rejang Lebong, Noprianto mengatakan, berdasarkan pengamatan pihaknya penurunan jumlah siswa baru didaerah itu terjadi sejak tiga tahun terakhir.

"Trend nya setelah kita pelajari ternyata jumlah siswa baru iu semakin sedikit jumlahnya, baik SD maupun SMP di sekolah swasta maupun negeri," kata Nopri dikonfirmasi RMOLBengkulu, Senin (15/7).

Dia mencontohkan, setiap tahunnya jumlah siswa baru SMP yang masuk sekolah berkisar 5.000 hingga 6.000 siswa, dimana dalam tiga tahun terakhir setiap tahunnya turun 2 hingga 5 persen, begitupula dengan jumlah siswa yang masuk SD.

Penurunan jumlah siswa di tiap tingkatannya itu pihaknya menduga karena kondisi demografi penduduk di daerah itu, yakni warga asal daerah itu yang sekolah diluar dan menjadi keluarga baru namun tidak kembali lagi ke daerah asal sehingga jumlah anak angkatan usia sekolah berkurang sementara sarana prasarana pendidikan terus bertambah.

"Contohnya anak yang sudah lulus kemudian kuliah keluar daerah namun tidak kembali lagi, sehingga tidak membentuk keluarga baru disini, akibat 10 sampai 15 tahun yang lalu, jadi keluarga baru yang menghasilkan anak usia sekolah kecenderungan nya menurun," ujarnya.

Sementara jumlah siswa baru mengalami penurunan, jumlah sekolah atau prasarana sekolah justru mengalami peningkatan.

Terkait dengan hari pertama masuk sekolah sendiri, pantauan pihaknya secara global terjadi penurunan jumlah siswa terutama sejumlah sekolah yang ada di tujuh kecamatan wilayah Lembak.  

"Kami masih melakukan monev ke sekolah-sekolah dengan menerjunkan para kabid mulai PAUD/TK, SD dan SMP untuk mendata jumlah siswa baru di masing-masing sekolah," imbuhnya.

Berdasarkan data sementara, sekolah yang sudah memenuhi kuota Penerimaan Pendaftaran Siswa baru atau PPDB adalah SMPN 1 Rejang Lebong. Sedangkan sekolah lainnya masih banyak yang kurang, namun sekolah yang kekurangan siswa masih bisa menerima siswa baru dengan melapor ke bidang masing-masing di Disdikbud agar mudah data siswa baru disinkronkan. [tmc]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40