Kades Diminta Kembalikan Uang Rp 200 Juta

Daerah  KAMIS, 11 JULI 2019 , 19:27:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Kades Diminta Kembalikan Uang Rp 200 Juta

Reko Haryanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Desa Nangai Amen Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, belum bisa mencairkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap satu. Padahal, seluruh desa kecuali Nangai Amen sudah mencairkan DD dan ADD sebesar 20 persen.

Itu diungkapkan saat Dinas PMDS Lebong menggelar rapat bersama di Kantornya, Kamis (11/7) sekitar pukul 10.15 WIB. Dihadiri perwakilan Inspektorat, Badan Keuangan Daerah, Camat Lebong Utara, Bappeda, Ketua Papdesi, dan tenaga ahli kabupaten.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto meminta, agar Kades Nangai Amen Deri Cahayadi segera mengembalikan dana desa senilai Rp 200 juta ke kas desa.

"Saya mengimbau Kades Nangai Amen untuk segera mengembalikan dana desa Rp 200 juta ke kas desa. Dana ini akan masukan kembali ke APBDes sehingga bisa dipakai lagi pada tahun anggaran ini," kata Reko, usai rapat bersama kepada RMOLBengkulu.

Dia menjelaskan, hingga saat ini pencairan DD dan ADD Desa Nangai Amen belum bisa diproses lantaran terganjal hasil audit.

Dimana tim Inspektorat Lebong meminta kades mengembalikan uang sebesar Rp 200 juta yang tidak dilaksanakan pada tahun anggaran sebelumnya.

"Waktu pengembaliannya terakhir tanggal 20 Juli 2019 ini. Apabila tidak ditindaklanjuti maka akan diserahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH)," tegas Reko.

Dia juga menyarankan, agar rekomendasi tersebut dilaksanakan agar permasalahan tersebut tidak bertentangan dengan hukum.

"Kalau itu sudah ditindaklanjuti pasti akan kita proses. Kalau tidak, kita juga khawatir untuk memberikan rekomendasi pencairan DD dan ADD selanjutnya," demikian Reko. [tmc]



Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00