Berkat Perda KTR, Lebong Berhasil Sabet Penghargaan Menkes

Daerah  KAMIS, 11 JULI 2019 , 19:18:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Berkat Perda KTR, Lebong Berhasil Sabet Penghargaan Menkes

Wabup Saat Terima Penghargaan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Wakil Bupati Lebong, Wawan Fernandez, atas nama Pemkab Lebong menerima penghargaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dalam acara puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau se-Dunia 2019 yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (11/7).

Penghargaan itu diberikan kepada Pemkab Lebong karena telah menetapkan dan mengimplementasikan peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok (KTR).

"Ini patut kita apresiasi atas kinerja DPRD dan Pemda karena berkat terbitnya Perda tersebut," kata Wawan usai menerima penghargaan tersebut.

Dia menjelaskan, bahwa Pemkab berhasil meraih penghargaan tersebut, lantaran telah membuat dan menerapkan Perda tentang KTR nomor 02 tahun 2018.

"Artinya Pemkab Lebong berupaya menyampaikan atau mensosialisasikan bahaya asap rokok, serta ada menetapkan wilayah atau kawasan-kawasan yang disiplin bagi perokok," tandasnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Lebong, Rachman menyampaikan, kedepannya yang menjadi catatan pihaknya adalah menyiapkan Perbup sebagai turunan perda yang telah disahkan DPRD Lebong itu.

"Perbup sebagai turunannya masih disiapkan dan akan dibahas dulu," jelas Rachman.

Walaupun demikian, kata Rachman, sembari menggodok Perbup pihaknya berkerja sama dengan Satpol PP Lebong, seringkali ke lapangan dalam rangka penegakan Perda tersebut.

"Sekarang telah diterapkan di sejumlah kawasan. Mulai dari pelayanan kesehatan, sekolah, tempat bermain umum, tempat ibadah, kendaraan umum, perkantoran, batasan cucur atap di luar bangunan," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00