Faktor Orang Ketiga, Angka Perceraian Di Mukomuko Tinggi

Daerah  RABU, 10 JULI 2019 , 16:17:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Faktor Orang Ketiga, Angka Perceraian Di Mukomuko Tinggi

Syarifah Aini /RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pengadilan Agama Kabupaten Mukomuko mulai beroparasi pada akhir tahun 2018 lalu. Hingga kini masyarakat yang mengajukan gugatan perceraian di Pengadilan Agama Mukomuko sangat tinggi, dengan jumlah 177 perkara.

"Pengadilan Agama Kabupaten Mukomuko ini berdiri dan beroperasi pada akhir tahun lalu. Dari jumlah perkara yang masuk sampai saat ini sudah ada 177 perkara, dengan rincian akhir tahun 2018 sebanyak 33 perkara dan  tahun ini, dari Januari sampai awal Juli ada 144 perkara," kata Ketua Pengadilan Agama Mukomuko, Syarifah Aini saat ditemui diruang kerjanya, Rabu(10/7).

Menurutnya, dari jumlah 4 Pengadilan Agama baru yang ada di Provinsi Bengkulu, Mukomuko paling tinggi jumlah perkara gugatan perceraian.

"Dari 4 Pengadilan Agama baru di Bengkulu. Mukomuko paling tinggi disusul Pengadilan Agama Kepahiang, Kaur dan Seluma," terangnya.

Dari 177 perkara yang masuk, sudah ada 123 perkara yang  terselesaikan,  selebihnya masih dalam proses. Kebanyakan gugatan yang masuk kepengadilan agama dipicu karena faktor ekonomi dan faktor orang ketiga.

"Hal ini juga dapat dilihat dari pendidikan penggugat, bagi warga yang pendidikannya dari SMA ke atas rata-rata pemicunya dalah orang ketiga, sedangkan yang pendidikanya hanya SMP atau SD kebanyakan karena faktor ekonomi," tambah Syarifah.

Ditanya perkara perceraian dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Mukomuko, Syarifah mengatakan untuk ASN ada belasan perkara. ASN yang mengajukan gugatan cerai kebanyakan karena faktor orang ketiga, dan dari beberapa kasus yang ada belum semua perkaranya selesai.

"Kalau yang ASN Mukomuko ada 12 perkara, sebagian sudah selesai dan selebihnya masih dalam proses. Sedangkan untuk Perkara Dispensasi anak dibawah umur ada 1 perkara tapi belum disidangkan," tutupnya. [ogi]

Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Halitosis yang mengerikan akan berakhir ketika Anda menggunakan ini
Saya tidak berbau mulut sejak menggunakan Bactefort
Parasit akan mati dalam waktu singkat hanya dengan pemakain ….
Parasit dan cacing akan cepat hilang, jika di malam hari Anda minum …
Hewan ini hidup di tubuh Anda dan menyebabkan bau mulut!
Basmi cacing parasit tanpa harus ke dokter! Caranya cukup .....

                   


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00