Pemilihan Pimpinan MPR Dipastikan Lebih Dari Satu Paket

Politik  SENIN, 08 JULI 2019 , 19:11:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pemilihan Pimpinan MPR Dipastikan Lebih Dari Satu Paket

Ketua DPP PAN, Yandri Susanto/Net

RMOLBengkulu. Pemilihan jabatan pimpinan MPR RI akan tersaji lebih dari satu paket. Sebab, sesuai amanat UU 2/2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) bahwa jabatan pimpinan MPR terdiri lima orang dengan rincian empat perwakilan DPR dan satu orang kelompok DPD.

Demikian dikemukakan Ketua DPP PAN, Yandri Susanto di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7).

"Dia (MPR) sistem paket dan melibatkan DPD RI, artinya melibatkan kamar lain. Kemudian harus ada unsur dari fraksi di DPR, itu kan enggak mungkin satu paket," jelasnya.

Meski begitu, Partai Amanat Nasional (PAN) hingga saat ini masih pasif dalam pembicaraan internal terkait peluang jabatan strategis di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. "Belum, belum ada (pembahasan)," ujarnya.

Ditanya soal kemungkinan pengusung koalisi Prabowo-Sandi, Yandri tidak menampik. Pasalnya pada tahun 2014, pimpinan MPR dimenangkan paket di luar koalisi pemerintah.

Saat itu, Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua MPR RI dengan didampingi Mahyudin (Golkar), E E Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta (perwakilan DPD) sebagai wakil ketua MPR.

"Bagaimana dulu Bang Zul (Zulkifli Hasan) tidak pernah dihitung di awal, ternyata menjadi solusi di tengah atau di akhir paket-paket yang ada," tandasnya dilansir RMOL.id. [tmc]



                   



Komentar Pembaca