Tahun Depan, ASN Terima Tukin

Daerah  SENIN, 01 JULI 2019 , 15:22:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Tahun Depan, ASN Terima Tukin

Marjohan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Mukomuko akan menerapkan Tunjangan Kinerja (Tukin) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Tukin ini akan menggantikan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) sebagai bentuk apresiasi kinerja ASN. Ini dijelaskan Sekda Mukomuko, Marjohan saat ditemui diruang kerjanya, Senin (1/7) Siang.

"Tukin ini akan berlaku pada tahun 2020 tetapi secara administrasi semuanya kita tuntaskan di tahun 2019 ini," kata Sekda Kabupaten Mukomuko, Marjohan.

Dijelaskan Marjohan, tambahan penghasilan ASN sudah semestinya menggunakan Tukin bukan TPP.

"Ini sudah diinstruksikan melalui BKPSDM. Kemungkinan seluruh daerah menggunakan tukin, karena sudah disetujui  evaluasi jabatan oleh KemenPAN-RB maka hasilnya akan dilakukan tunjangan kinerja (Tukin)," jelasnya.

Sebelumnya, Pemkab berencana menerapkan Tukin pada tahun ini. Sayangnya rencana itu masih terkendala persetujuan KemenPAN-RB.

"Untuk Tukin ini, kendala yang pernah dulu saya sampaikan bahwa belum disetujui atau ditandatangani oleh KemenPAN-RB. Dan Alhamdulillah itu sekarang sudah disetujui. Jadi kendalanya di Kementerian sudah tidak ada lagi tinggal kita sekarang ini untuk menyusun sesuai dengan format-format  yang sudah disetujui oleh KemenPAN-RB, selesai disusun nanti akan kita minta persetujuan KemenPAN-RB tinggal itu saja," Demikian Sekda. [ogi]


Komentar Pembaca