Lambat Sahkan APBDes, Kades Air Buluh Diberhentikan

Daerah  JUM'AT, 28 JUNI 2019 , 10:27:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Lambat Sahkan APBDes, Kades Air Buluh Diberhentikan

Kadis PMD, Gianto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sikap tegas diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mukomuko. Akibat tidak melaksanakan tanggung jawabnnya, Kepala Desa (Kades) Air Buluh Kecamatan Ipuh, M Jais diberhentikan sementara dari jabatannya.

Kadis Mukomuko, Gianto menjelaskan, pemberhentian sementara itu lantaran yang bersangkutan tidak memenuhi tanggung jawabnya sebagai orang nomor satu di desa tersebut.

Sebagai contoh, lambat menetapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (R-APBDes) Tahun Anggaran 2019 menjadi APBDes 2019 yang harusnya disampaikan paling lambat bulan Desember tahun 2018 lalu.

Pemberhentian sementara ini, katanya, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Mukomuko dengan nomor: 100-332 tertanggal 17 Juni 2019.

"Memang ada pemberhentian sementara Kades Air Buluh, sesuai dengan SK Bupati, kita sudah sampaikan kepada Camat dan Pemdes," kata Gianto, Jum'at (28/6) siang.

Lebih lanjut, kata dia, di masa pemberhentian sementara ini, kades tersebut sebelumnya diduga adanya penyimpangan atas realisasi anggaran Dana Desa (DD).

Itupun sebagaimana dari hasil Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tim Inspektorat Kabupaten Mukomuko yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Bahkan, BPD selaku pengawas desa setempat memberikan rekomendasi demikian untuk melakukan pemberhentian sementara.

Untuk mengisi kekosongan jabatan selama diberlakukan sanksi, lanjutnya, kades sementara digantikan oleh sekretaris desa sebagai pelaksana tugas.

"Mudah-mudahan saat ini RAPBD Desa Air buluh sudah berjalan, dan minggu depan sudah bisa cair baik DD maupun ADD," sambungnya.

Disisi lain, kata Gianto, pemberhentian sementara bisa ditarik kembali apabila rekomendasi tersebut telah dipenuhi M Jais.

"Kita akan lakukan pembinaan terlebih dahulu kepada kades. Tetapi kalau itu tidak dipenuhi, ya nanti akan kita PAW-kan jabatanya sebagai Kades," tutup Gianto.

Untuk diketahui, Desa Air Buluh merupakan satu satunya desa di Kabupaten Mukomuko yang terlambat mengajukan pencairan DD dan ADD 2019 karena BPD sempat menolak menandatangi R-APBDes tersebut. [tmc]

iPhone XS hanya diskon hari ini! Beli sekarang
Beli iPhone XS online hari ini, promo hingga 50%
iPhone XS - harga kejutan online langsung turun 50% hari ini
Ponsel HOT hari ini didiskon hingga 50%
Di usia 28 wanita cantik ini memiliki rumah mewah sendiri dengan metode …
Investasi yang tepat dengan keuntungan 5 kali lipat setiap harinya
Beli iPhone XS hari ini, diskon 50%
Jangan ragu untuk pesan nih! Hemat hampir setengah uang Anda

                   


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00