Dua Titik Tempat Pedagang Berjualan Akan Ditertibkan

Daerah  JUM'AT, 28 JUNI 2019 , 07:33:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dua Titik Tempat Pedagang Berjualan Akan Ditertibkan

Aparatur desa, babinsa, dan Disperindagkop saat rapat penertiban

RMOLBengkulu. Pedagang basah harian yang masih berjualan di badan jalan atau tepatnya pada dua titik di Kecamatan Bingin Kuning diminta untuk segera pindah ke Pasar Rakyat di Desa Pelabuhan Talang Leak.

Pedagang basah, yang terdiri dari pedagang ayam, ikan dan sayur, masih berjualan diatas badan jalan di Desa Talang Liak I dan Desa Pungguk Pedaro Kecamatan Bingin Kuning.

Padahal, himbauan bahwa area itu bebas dari aktivitas lapak basah telah berulangkali disampaikan pihak pemkab. Bahkan, kerap dikeluhkan pengguna jalan lantaran berjualan di pinggir jalan yang sering memimbulkan kemacetan lalu lintas.

"Kalau semua pedagang di tata, tidak ada kemacetan lalulintas. Pasar Rakyat di Desa Pelabuhan Talang Liak juga menjadi ramai," katanya, kemarin (27/6) siang.

Lebih lanjut, kata Azhar rencana penertiban ini bagian dari program penataan pasar di wilayah Lebong. "Itu bangunan (Pasar Rakyat, red) memang dibangun untuk para pedagang. Jadi, sayang kalau dibiarkan kosong," jelasnya.

Disisi lain ia mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI-Polri bahkan pemerintah desa setempat terlebih dahulu untuk komunokasi persuasif dengan para pedagang.

"Mungkin itu sulit bagi para pedagang. Tapi, perlahan akan kita jelaskan agar mereka pindah pada satu titik. Kalau bisa Pasar Rakyat Pelabuhan ini menjadi harian," demikian Azhar. [tmc]



Komentar Pembaca