Masuk Sekolah Tetap Tiga Jalur, Tapi Kuota Jalur Prestasi Ditambah

Daerah  KAMIS, 27 JUNI 2019 , 07:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Masuk Sekolah Tetap Tiga Jalur, Tapi Kuota Jalur Prestasi Ditambah

Baheramsyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Kabupaten Lebong dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli mendatang melalui tiga jalur. Ketiga jalur itu meliputi jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua.

Teranyar, Pemerintah merevisi kuota penerimaan jalur tersebut. Dimana daya tampung sekolah melalui jalur zonazi semula 90 persen direvisi menjadi 80 persen.

Kemudian, kuota jalur prestasi semula 5 persen ditambah menjadi 15 persen. Lain halnya dengan daya tampung jalur perpindahan tugas orang tua yang tetap berteger di angka 5 persen.

Hal itu tertuang dalam Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 sebagaimana direvisi dalam Permendikbud Nomor 20 tahun 2019 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020.

Demikian disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, Taufik Andary melalui Sekretaris Baheramsyah.

"Jadi, dalam Permendikbud nomor 51 tahun 2018 ada tiga jalur. Pertama untuk jalur Zonasi minimal daya tampung sekolah 80 persen, jalur prestasi 15 persen, dan jalur Perpindahan (tugas atau pekerjaan orangtua) sebanyak 5 persen," kata Beheramsyah, Rabu (26/6) siang.

Dia menyampaikan, jalur zonasi merupakan jalur dengan jumlah penerimaan siswa paling banyak. Dimana, sekolah harus menerima paling sedikit 80 persen dari daya tampung siswa.

"Melalui jalur zonasi, peserta didik hanya dapat memilih sekolah sesuai dengan domisili mereka, sehingga sekolah anak-anak mereka tidak lagi berjarak terlalu jauh dari rumah," ungkapnya.

Sedangkan untuk jalur prestasi, persentase penerimaan melalui jalur ini telah ditetapkan maksimal 15 persen dan peserta didik yang berasal dari zonasi yang berbeda dari sekolah anak yang dipilih juga diperbolehkan.

"Ada dua cara untuk mendaftarkan anak melalui jalur prestasi, yaitu dengan menggunakan nilai ujian nasional (UN) atau melalui prestasi akademik atau non akademik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, hingga internasional," sambungnya.

Terakhir adalah jalur perpindahan tugas atau pekerjaan orangtua.  Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di luar zonasi dengan alasan perpindahan tugas orangtua/wali siswa yang bersangkutan.  

"Untuk jalur ini dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi/lembaga/kantor/perusahaan yang mempekerjakan," jelasnya.

Lebih jauh, ia mengutararakn, untuk tiga jalur ini hanya berlaku bagi jenjang SMP di Lebong.  Sedangkan jenjang SD hanya menggunakan dua jalur, yakni jalur zonasi dan perpindahan tugas atau pekerjaan orangtua. [tmc]


Di usia 28 wanita cantik ini memiliki rumah mewah sendiri dengan metode …
Investasi yang tepat dengan keuntungan 5 kali lipat setiap harinya
iPhone XS hanya diskon hari ini! Beli sekarang
Beli iPhone XS online hari ini, promo hingga 50%
Kaget setengah mati!! IPhone XS ini turun 50% hari ini!
Pesan sekarang untuk memiliki iPhone XS murah hari ini!
-50% untuk smartphone berkualitas tinggi dari produksi Korea!
Diskon 50 % hingga akhir bulan ! jumlah terbatas


Komentar Pembaca