Buntut Sistem Zonasi PPDB, Orang Tua Pindahkan KK Anak

Daerah  RABU, 26 JUNI 2019 , 18:21:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Buntut Sistem Zonasi PPDB, Orang Tua Pindahkan KK Anak

Mei Susanti Harahap/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Buntut dari penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendorong kalangan orang tua siswa di Kabupaten Rejang Lebong rela merubah data kependudukan dengan memindahkan Kartu Keluarga (KK) anak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap mengatakan, tak sedikit orang tua siswa yang memindahkan KK anaknya dengan menumpang dengan KK keluarga lainnya yang dekat dengan seolah yang dituju.

"Memang banyak yang mememindahkan KK anaknya ke keluarga lainnya, kami dapat arahan dari Provinsi maupun Dirjen selama syaratnya terpenuhi tidak ada yang dilanggar," kata Mei Susanti dikonfirmasi awak media, Rabu (26/6).

Dibeberkan dia, permintaan perubahan KK itu dilakukan orang tua siswa jauh hari sebelum jadwal PPDB, dimana para orang tua mengakalinya dnegan merubah data enam bulan sebelum KK tersebut digunakan untuk salah satu syarat PPDB.

Dia menambahkan, permintaan perubahan KK tersebut banyak terjadi pada tahun lalu, sementara tahun ini atau mendekati jadwal PPDB permohonan rubah KK justru sedikit.

"Masyarakat sudah banyak yang merubah sejak tahun lalu, untuk yang merubah tahun ini biasanya anaknya baru naik kelas dua, memang tahun ini ada beberapa yang merubah KK dengan menumpang KK keluarga yang berada di zonasi anak tersebut akan sekolah," imbuhnya.

KK yang sudah diubah sendiri tidak bisa langsung digunakan untuk syarat PPDB, dimana KK itu bisa digunakan minimal enam bulan setelah diubah, sehingga banyak orang tua siswa yang merubah KK jauh hari sebelumnya.

Syarat untuk pindah KK sendiri, disebutkan dia yakni KK asli yang akan dituju, kemudian foto kopi KK yang mau pindah, foto kopi surat nikah KK yang akan dituju, foto kopi KTP suami istri yang KK nya akan dituju.

"Untuk stok blanko KK sendiri saat ini masih aman, berbeda dengan blanko e-KTP, dalam sehari permohonan cetak KK yang kita selesaikan rata-rata 100 lembar KK," demikian Mei Susanti. [tmc]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40