Harga Ayam Di Rejang Lebong Ikut Anjlok

Daerah  SELASA, 25 JUNI 2019 , 18:50:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Harga Ayam Di Rejang Lebong Ikut Anjlok

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu.Tak hanya di pulau Jawa, harga ayam potong di Kabupaten Rejang Lebong turut juga anjlok. Hal itu sebagaimana disampaikan salah satu pengusaha ayam potong di Kabupaten Rejang Lebong, Fauzi.

Menurutnya, usai lebaran idul fitri kemarin, harga ayam potong terus mengalami penurunan, dimana selisih harga saat ini dari sebelumnya mencapai Rp. 8.000.

"Saat ini harga ayam potong hanya Rp. 15.500 per kilogram di tingkat pedagang, sedangkan sebelumnya saat bulan puasa dikisaran Rp. 24.000 hingga 25.000 per kilogram," kata Fauzi kepada awak media, Selasa (25/6).

Anjloknya harga dipasaran tersebut, menurut dia karena stok ayam potong over kapsitas, dimana hampir seluruh peternak memasuki masa panen serentak.

Selain itu, rendahnya daya beli masyarakat juga menurut dia menjadi pemicu turunnya harga ayam potong tersebut.

Rendahnya harga jual ayam potong itu ditambahkan dia, banyak kalangan pengusaha ayam yang merugi, terlebih harga pakan ayam saat ini justru semakin meningkat sehingga beberapa peternak ayam mandiri didaerah itu yang gulung tikar.

"Sudah ada beberapa peternak mandiri yang memilih istirahat, karna tidak seimbangnya lagi biaya modal pakan dengan harga dipasaran saat ini, harga pakan sendiri terus naik," imbuhnya.

Dirinya berharap, pemerintah dapat hadir dalam mengawasi serta mengeluarkan  regulasi terkait kebutuhan ayam di daerah itu dengan mengatur jumlah kebutuhan Day Old Chicken (DOC) nya setiap periode, sehingga kebutuhan dan persediaan bisa berimbang berimbang. [tmc]

Komentar Pembaca