BOSDa Sudah Cair, Siswa Sekolah Gratis

Daerah  SELASA, 25 JUNI 2019 , 17:37:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

BOSDa Sudah Cair, Siswa Sekolah Gratis

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa) sudah disalurkan seluruhnya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan (BS). Artinya, para orangtua siswa tidak perlu lagi khawatir membelikan seragam sekolah baru untuk anaknya. Sebab, pembelian seragam sekolah bagi siswa sudah dialokasikan dari dana BOSDa tersebut.

Ya semuanya sudah kita salurkan seratus persen ke rekening sekolah baik SD maupun SMP. Tinggal lagi pihak sekolah membelanjakan sesuai petunjuk teknis pembelanjaan dana BOSDA tersebut sesuai dengan peraturan bupati. Teknis pembelanjaannya di serahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Tugas kami menyalurkan dan mengawasi serta menerima laporan alokasi dana sesuai pertuntukan,” kata Titin Suwarni Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dikbud BS, (25/6).

Titin Menjelaskan dana BOSDa senilai Rp4,2 miliar dari dana APBD TA 2019 itu disalurkan untuk jenjang SD dan SMP sederajat. Dana tersebut digunakan untuk untuk pengadaan seragam sekolah dan perlengkapan sekolah bagi siswa yang kurang mampu. Kemudian untuk belanja laptop atau komputer sekolah dan untuk kesiapan pelaksanaan UNBK dan kegiatan kesiswaan.

Diprioritaskan untuk memfasilitasi perlengkapan pendidikan siswa kurang mampu di sekolah masing �" masing. Baru setelahnya kebutuhan sekolah lainnya,” ujarnya

Dia berharap pihak sekolah mengalokasikan dana BOSDa sesuai peruntukannya. Yakni tercantum dalam Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 03 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 07 Tahun 2018 tentang BOSDa jenjang SD dan SMP di Bengkulu Selatan.

Kami tidak mau mendengar ada pihak sekolah yang tersandung masalah hukum lantaran salah dan tidak jujur mengalokasikan dana BOSDa. Kami akan terus mengawasi penggunaannya. Baik dari pengadaan seragam atau pengadaan komputer. Pihak sekolah jangan mencari untung dari bantuan untuk siswa kurang mampu tersebut,” pungkasnya. [ogi]


                   


Komentar Pembaca