Dua Pekerjaan Pengendalian Banjir Dimulai

Daerah  SELASA, 25 JUNI 2019 , 07:49:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dua Pekerjaan Pengendalian Banjir Dimulai

Amrullah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Banjir tahunan merupakan tantangan yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Lebong. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Lebong akan mulai melakukan pekerjaan pengendalian banjir. Kedua pekerjaan itu dijadwalkan Selasa (25/6) besok dalam proses penandanganan kontrak.

Diantaranya, pengendalian banjir di aliran Air Cendam yang terletak di Desa Karang Anyar Kecamatan Lebong Tengah. Dimana pekerjaan yang bersumber dari APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2019 yang akan dikerjakan CV RVin Perkasa senilai Rp 2,9 Miliar.

Kemudian, pengendalian banjir Sungai Air Kotok Desa Tunggang hingga Kelurahan Kampung Jawa yang akan dikerjakan CV Quality Utama senilai Rp 7,1 Miliar yang bersumber dari APBD Lebong.

Plt Kadis PUPR-P Lebong, Agus Ferdinand melalui Kabid SDA, Amrul mengatakan, pihaknya akan melakukan treatment berbeda pada kedua aliran sungai tersebut.

"Selain normalisasi untuk di aliran sungak Air Kotok akan dibangun tembok pengendalian banjir. Sedangkan, Sungai Air Cedam akan dibangun pintu pengatur air," jelas Amrullah, Senin (24/6) siang.

Ia menambahkan, normalisasi dan pembangunan infrastruktur pendukung sungai menjadi salah upaya pengentasan banjir di wilayah Lebong. Ia mengakui, belum semua titik banjir teratasi. Masih ada beberapa lokasi yang kerap dilanda banjir ketika hujan deras turun, salah satunya di wilayah Kecamatan Uram Jaya.

Teranyar, ia akan mengupayakan untuk mengatasi di ruas jalan utama yang menghubungkan Kelurahan Kampung Jawa menuju Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara yang retak dan terancam ambrol.

Sebab, kondisi tersebut timbul karena tanah di tepi jalan terkikis oleh arus aliran sungai Air Kotok pasca guyuran hujan terus menerus sejak sore hingga malam hari.

"Memang tahun ini difokuskan normalisasi sungai di hulu saja belum ke daerah hilir. Mengingat, keterbasan anggaran. Tapi akan dilakukan secara berkelanjutan ke titik lain tahun depan," tandas dia.

"Proses pengerjaan dilakukan selama 6 bulan atau selama 180 hari. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah pelaksanaan tender dan kita percepat pekerjaan kita supaya berjalan," demikian Amrul. [tmc]

Cara paling efektif membasmi parasit
Rekomendasi para ahli untuk membasmi parasit hanya dengan
Tidak ada bau mulut setelah 1 malam berkat ini! Coba sekarang
Cukup gunakan sebelum tidur dan bau mulut hilang secara permanen
Beli iPhone XS hari ini, diskon 50%
Jangan ragu untuk pesan nih! Hemat hampir setengah uang Anda
Bersihkan parasit di rongga mulut, napas selalu sejuk
Habis bau busuk dengan metode sederhana ini


Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11