ASEAN Segera Tawarkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Nusantara  SENIN, 24 JUNI 2019 , 07:34:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

ASEAN Segera Tawarkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

ASEAN Summit di Bangkok/Net

RMOLBengkulu. Negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN akan bersama-sama mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2034.

Hal itu diumumkan oleh Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha setelah pertemuan antara para pemimpin ASEAN di Bangkok pada Minggu (23/6).

"Para pemimpin mendapat dukungan dari kawasan itu untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034, jika memungkinkan," kata Prayuth dalam konferensi pers penutup KTT pertama tahun ini untuk 10 anggota ASEAN.

"Saya ingin mengundang orang-orang ASEAN untuk mendukung asosiasi sepak bola di negara mereka untuk mewujudkan impian ini," jelasnya, seperti dimuat Channel News Asia.

ASEAN yang terdiri dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Brunei merupakan rumah bagi 640 juta orang.

Gagasan ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama kali diperdebatkan pada awal dekade ini. Para advokat mengatakan langkah itu dapat membantu meningkatkan profil dan integrasi kawasan.

Namun, para ahli mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk memperbaiki rincian tentang bagaimana 10 negara harus melanjutkan penawaran, termasuk kemungkinan memasukkan satu tim regional yang terdiri dari pemain terbaik dari wilayah tersebut.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia akan meningkatkan posisi global ASEAN, dan untuk pertama kalinya sebuah blok antar pemerintah regional akan menjadi tuan rumah acara olahraga yang memiliki signifikansi seperti itu," kata pakar kebijakan publik di Universitas Chiang Mai, Fuadi Pitsuwan dilansir RMOL.id. [tmc]


                   




Komentar Pembaca