Kades Eks Napi Kembali Aktif

Diminta Buat Surat Pernyataan

Daerah  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 09:31:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Kades Eks Napi Kembali Aktif

Kabid Pemdes, Eka Purwanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko kembali mengaktifkan Muhtarudin yang juga Kepala Desa mantan Narapidana kasus Pungutan Liar ( Pungli) dalam pengurusan sertifikat Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) pada tahun 2018 lalu di Kecamatan Lubuk Pinang.

Berdasarkan Peraturan Mendagri No 66 Tahun 2017, bahwa pengangkatan dan pengaktifan pejabat kepala desa yang diberhentikan sementara bisa kembali diaktifkan apabila masa hukumannya kurang dari 5 tahun penjara.

Kabid Pemerintahan Desa DPMD Eka Purwanto menjelaskan, pengaktifan kembali Kades Eks Napi ini saat ini berkasnya sudah dimasukkan ke meja Bupati untuk ditindaklanjuti.

"Proses pengaktifan saat ini sedang berjalan. Berkasnya saat ini sedang diajukan kepada bupati. Nantinya sesuai keputusan bupati kades ini akan kembali bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku," kata Eka, kemarin (19/8) siang.

Meskipun saat ini ada tuntutan penolakan dari sejumlah masyarakat yang keberatan kades eks napi ini kembali aktif, pihaknya tetap mengeluarkan surat keputusan yang disetujui oleh Bupati nantinya.

"Terkait penolakan dari sejumlah masyarakat yang enggan kades tersebut kembali aktif. Kami sudah menyampaikan hal ini kepada bupati dan juga kepada Inspektorat agar bisa ditindaklanjuti," tambah Eka.

Hanya saja, syarat pengaktifan harus membuat surat pernyataan tidak boleh melakukan pelanggaran sesuai aturan sebagai kepala desa.

"Nantinya ada surat yang diterbitkan oleh bupati memerintahkan camat untuk melakukan pemantauan dan pengawasan khusus terhadap kades eks napi ini," tutupnya. [tmc]


                   


Komentar Pembaca