Ini Alasan Tidak Sigapnya BPBD BS Tanggapi Suatu Bencana

Daerah  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 07:34:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Ini Alasan Tidak Sigapnya BPBD BS Tanggapi Suatu Bencana
RMOLBengkulu. Bencana seyogianya ditangani dengan tanggap cepat. Namun, tidak bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS). Pasalnya tidak ada Tim Reaksi Cepat (TRC) di daerah itu.
Kepala BPBD BS, Yarusdi mengatakan, sudah pernah diajukan permohonan pembentukan TRC kepada pemerintah daerah. Akan tetapi, hingga sekarang belum diakomodir lantaran terkendala anggaran.

"Sudah pernah mengajukan permohonan untuk membentuk tim TRC itu. Tapi karena belum disetujui ya mau apa lagi, di tahun 2020 nanti akan kita ajukan kembali mudah-mudahan disetujui oleh Pemda," katanya.

Yarusdi mencontohkan, seperti ada warga yang hanyut di sungai belum lama ini. Lambannya penanganan karena tidak adanya tim TRC. Apalagi TRC yang dibentuk nantinya adalah orang-orang terlatih dan terampil.

"Untuk tim TRC minimal 20 orang dan semuanya harus orang yang terlatih di bidangnya. Misalnya berenang, mengoperasikan perahu dan sebagainya dan sebelum membentuk tim harus ada pelatihan," bebernya.

Sementara itu, Sekda BS Yudi Satria mengungkapkan, pihaknya akan mengevaluasi kinerja BPBD. Menyusul adanya keluhan dari masyarakat terhadap BPBD.

'Nanti kita akan evaluasi terhadap kekurangan-kekurangan yang ada di BPBD, Mudah-mudahan bisa nanti terakomodir untuk membentuk tim TRC itu," pungkas Sekda. [tmc]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00