Desa Keban Jati Perdana Dapatkan Bantuan Bimbang Adat

Daerah  RABU, 19 JUNI 2019 , 14:12:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Desa Keban Jati Perdana Dapatkan Bantuan Bimbang Adat

Sekertaris Dikbud BS

RMOLBengkulu. Desa Keban Jati Kecamatan Ulu Manna Bengkulu Selatan (BS), sudah memasukkan berkas untuk mendapatkan bantuan dana pelestarian budaya bimbang adat atau sering disebut gegerit.

Bantuan dana sebesar 2,5 juta yang digelontorkan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) BS untuk membantu melestarikan seni budaya tari bimbang adat daerah BS.

"Ini baru pertama kali kami terima permohonan bantuan. Sedangkan tenggat waktu permohonan bantuan itu paling lambat akhir tahun ini," kata Rispin Junaidi, Sekertaris Dikbud BS, Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/6).

Dia menjelaskan, adapun total dana yang sudah disiapkan Dikbud untuk bantuan pelestarian seni budaya bimbang adat itu sebesar Rp 50 juta. Dari 50 juta itu untuk 20 kali pergelaran bimbang adat.

Artinya setiap orang yang akan melakukan pentas seni bimbang adat itu masing-masing mendapatkan 2,5 juta, untuk yang menyelenggarakan tari tradisional itu tersebut.

"Jadi dana bantuan sebesar 50 juta ini dibagikan untuk 20 orang yang akan melaksanakan bimbang adat artinya setiap sekali kegiatan bimbang adat akan mendapatkan 2,5 juta dan berlaku sampai dengan akhir tahun 2019 ini," jelasnya.

Untuk diketahui, untuk memperoleh bantuan tersebut, cukup mengajukan permohonan ke Dikbud dan diketahui kepala desa atau lurah serta melampirkan undangan pelaksanaan bahwasanya akan menggelar seni budaya bimbang adat. [tmc]

Komentar Pembaca