Mahfud MD: Kawal Hakim Agar Tidak Main-Main

Hukum  RABU, 19 JUNI 2019 , 11:51:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Mahfud MD: Kawal Hakim Agar Tidak Main-Main

Mahfud MD/Net

RMOLBengkulu. Perbedaan aspirasi dan pendapat merupakan hal yang lumrah dalam negara demokrat. Namun demikian berbagai perbedaan itu harus diselesaikan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Begitu kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menanggapi gelaran sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang digelar di MK, Selasa (18/6) kemarin.

Dalam hal ini, Mahfud mengingatkan kepada pihak-pihak yang berseteru untuk tunduk dan patuh pada putusan hakim.

"Hukmul hakim yarfaul khilaf, vonis hakim mengakhiri perselisihan. Demikian dalil fikihnya," terang Mahfud dalam akun Twitter pribadinya, Rabu (19/6).

Kicauan itu langsung disambar oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid. Hidayat mengingatkan bahwa dalil fiqh yang diutarakan Mahfud memang benar adanya. Namun, sikap para hakim dalam mengambil kebijakan harus terus dijaga.

Hakim, katanya, harus hati-hati dalam memberi keputusan dan bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan.

"Rasulullah SAW menyatakan: hakim ada tiga kelompok, satu di surga (yang tahu kebenaran dan menghukumi dengannya), 2 selainnya di neraka. HR AlHakim dll," urainya.

Mahfud mengaku setuju dengan pernyataan Hidayat. Menurutnya, konsekuensi dari menerima keputusan hakim yang inkrah adalah hakim harus hati-hati dan bertanggung jawab. Sebab, keputusan yang diambil bersifat mengikat.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawal hakim.

"Hakim yang tidak adil dan koruptif selain masuk neraka (menurut agama) juga bisa dipenjarakan (menurut hukum). Kita dorong dan kawal hakim-hakim agar tidak main-main," pungkasnya. dikutip RMOL.ID. [ogi]




Komentar Pembaca
Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00