Penetapan Dewan Terpilih Dua Minggu Lagi

Daerah  SELASA, 18 JUNI 2019 , 14:15:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Penetapan Dewan Terpilih Dua Minggu Lagi

Irsyad Kamarudin/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Irsyad Kamarudin memastikan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan penetapan kursi dan caleg DPRD Mukomuko periode 2019-2024 mendatang.

Menyusul, penetapan dijadwalkan akan berlangsung bulan Juli 2019 atau dua minggu lagi.

"Saat ini kita masih menunggu penetapan agenda Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) oleh Mahkamah Konstitusi (MK), dan ini rencananya akan ditetapkan pada tanggal 1 Juli oleh MK," jelasnya, Selasa (18/6).

Disisi lain, pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam perselisihan hasil Pemilu DPRD Provinsi dan Caleg terpilih Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019. Karena itu, jadwal penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih dilakukan paling lambat tiga hari setelah 1 Juli.

"Kalau tidak ada perkara di Mukomuko penetapan dilakukan antara tanggal 2 juli atau 4 juli. Dan Mukomuko sampai saat ini dinyatakan tidak ada perkara," tambah Irsyad.

Irsyad mengaku tidak ada persiapan yang krusial dalam rapat pleno penetapan ini. Hanya saja, dokumen-dokumen terkait penetapan calon terpilih, seperti SK penetapan dan selanjutnya diserahkan ke Sekretariat Dewan untuk proses pelantikan calon terpilih. [tmc]


                   


Komentar Pembaca