KIM Sebagai Edukasi Informasi Bagi Masyarakat

Daerah  SENIN, 17 JUNI 2019 , 20:15:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

KIM Sebagai Edukasi Informasi Bagi Masyarakat

Pelaksanaan Penguatan KIM

RMOLBengkulu. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko melaksanakan pendampingan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk 5 kecamatan. Bahkan, tiap kecamatan berjumlah 20 orang.

Kelima kecamatan yang diundang, yaitu Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Air Manjunto, Kecamatan Air Dikit, dan Kecamatan XIV Koto.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko H Ruslan mengatakan, kehadiran KIM diharapkan menjadi corong dalam menyajikan informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Selain itu, KIM turut juga diupayakan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak menyampaikan berita hoax atau yang tidak faktual kebenarannya.

"Kedepan kita juga berharapa KIM bisa bergerak dan menunjukkan exsistensinya sebagai penyampai informasi kepada masyarakat dan pemerintah, serta dalam waktu dekat ada gerakan dalam bentuk program-program kerja, sehingga nantinya keberadaan KIM mampu meningkatkan ekonomi bagi masayarakat," jelas Ruslan.

Sementara itu, Bupati Mukomuko Choirul Huda juga menyampaikan, KIM salah satu sarana untuk berbagai informasi bagi masyarakat itu sendiri, maupun informasi dari masyarakat kepada pemerintah dan membangun kultur yang baik dalam membangun dan menyebarkan informasi yang benar.

"Harapannya masyarakat dapat memberikan informasi yang benar. Tanpa adanya hujatan ataupun ujaran kebencian di media sosial sebagai sarana penyebarluasan informasi," kata Bupati.

Ia juga berharap untuk menguatkan informasi dimasyarakat, dengan adanya KIM bisa membangun kultur  yang baik untuk menyampaikan informasi didunia maya, memiliki nilai kesopanan dalam memberikan informasi yang positif bukan ajang untuk meberikan informasi kebencian atau hoax, sehingga dunia maya dapat memembrikan informasi sesuai dengan kulturnya kita. Demikian Bupati.

Dukungan untuk KIM yang ada di Mukomuko juga diberikan oleh Kadis Kominfo Provinsi Bengkulu, Jadul Iwan. Menurutnya, KIM merupakan terobosan yang luar biasa.

"Diskominfo Provinsi akan tetap bersinergi dengan Kominfo yang di Kabupaten-Kota lainnya. Ini akan menjadi contoh bagi Kabupaten lainnya dan akan kita sampaikan kepada daerah lain," tutup Jadul. [tmc]

Komentar Pembaca