Kirim Kader Di Pilkada, NasDem Janji Perkuat MHA Rejang

Daerah  SABTU, 15 JUNI 2019 , 18:51:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Kirim Kader Di Pilkada, NasDem Janji Perkuat MHA Rejang

Teguh Raharjo Eko Purwoto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Ketua DPD NasDem Kabupaten Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto mengungkapkan, alasan dirinya maju untuk mengikuti percaturan Politik di Bumi Swarang Patang Stumang.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Lebong resmi menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2017 tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Rejang.

Bahkan, Perda tentang Pengakuan dan Perlindungan MHA Rejang ini ditetapkan pertama kali di Bengkulu. Oleh sebab itu, regulasi itu menurutnya perlu diperkuat bersama pemimpin Lebong periode berikutnya.

"Kita memang sudah menetapkan Perda inisiatif DPRD nomor 4 tahun 2017 tentang Pengakuan dan Perlindungan MHA Rejang. Tapi, bagi kami (NasDem, red) program bidang budaya dan adat belum tuntas. Sehingga menjadi PR besar kami," kata Ketua DPRD Lebong ini, Sabtu (15/6).

Disisi lain, ia mengaku bersama partai koalisi nantinya akan terus memantapkan program di bidang infrastruktur, pertanian, pariwisata, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

"Kita akan melanjutkan program awal dari segala sudut," sambungnya.

Baca juga: Tetap Ngotot Maju Pilkada, Armansyah Buka Bukaan Soal Partai

Pembina Yayasan Lebong Rahmah Center (YLRC) ini menambahkan, partai besutan Surya Paloh tersebut membuka lebar bagi sejumlah parpol untuk membentuk koalisi Parpol pada panggung pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Kabupaten Lebong.

"Pada prinsipnya NasDem membuka ruang seluas-luasnya kepada Parpol yang ingin berkoalisi. Baik parpol yang ada perwakilannya di DPRD maupun yang tidak," jelas Teguh.

Baca juga: Eks Bupati Dan Ketua DPRD Bertemu, Kopli: Mantab Koalisi PAN Dan Golkar

Menurut Teguh, partai koalisi dan pasangan calon juga memiliki harapan yang sama, agar pelaksanaan Pilkada 2020 mengutamakan kepentingan masyarakat.

Selain MHA Rejang, ia menegaskan Sumber Daya Manusia (SDM) turut juga harus diperkuat. Seperti halnya para petani, buruh, pendidikan formal dan non formal di wilayah Lebong.

"Paling penting tujuannya searah, yaitu untuk perubahan Lebong ke depan. Terutama tentang hak adat, ulayat, dan MHA Rejang," demikian Teguh. [tmc]


Beli iPhone XS hari ini, diskon 50%
Jangan ragu untuk pesan nih! Hemat hampir setengah uang Anda
iPhone XS - harga kejutan online langsung turun 50% hari ini
Ponsel HOT hari ini didiskon hingga 50%
-50% untuk smartphone berkualitas tinggi dari produksi Korea!
Diskon 50 % hingga akhir bulan ! jumlah terbatas
Hisap dari mulut: penyebab bau dari mulut ditemukan!
Habis bau mulut 10 tahun setelah 5 menit setiap hari


Komentar Pembaca