Lepas Tanggung Jawab, Temuan BPK Dilaporkan Ke APH

Daerah  RABU, 12 JUNI 2019 , 17:07:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Lepas Tanggung Jawab, Temuan BPK Dilaporkan Ke APH

Diah Winarsih/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tidak adanya itikad baik rekanan dan pihak lain untuk mengembalikan temuan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI yang menjadi tuntutan ganti rugi (TGR) membuat Pemerintah daerah (Pemda) Bengkulu Selatan (BS) geram.

Puncaknya, Inspektorat Daerah (Ipda) Bengkulu Selatan (BS) dalam waktu dekat akan melimpahkan temuan BPK tersebut ke aparat penegak hukum (APH) guna diproses lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Surat untuk pelimpahan temuan BPK ke APH sudah dibuat. Tinggal dikoordinasikan lagi dengan pak bupati dan pak sekda,” kata Inspektur Ipda BS, Diah Winarsih, Rabu (12/5) siang.

Dia memastikan, persoalan tersebut diseret ke meja hukum karena sudah mendapat persetujuan Bupati BS, Gusnan Mulyadi. Tujuannya untuk menyelematkan keuangan negara.

Pak bupati memang sudah menyarankan untuk dilimpahkan ke APH. Karena itu solusi agar tata kelola keuangan bisa lebih baik. Soalnya setiap tahun itu selalu menjadi temuan BPK,” sambungnya.

Temuan BPK yang dilaporkan ke APH, yaitu rekapan sejak tahun 2005 hingga tahun 2017. Jumlahnya masih mencapai miliaran rupiah. Selama ini Pemda telah memberi kelonggaran rekanan dan sejumlah pihak untuk mengembalikan temuan tersebut. Namun sikap baik Pemda terkesan diabaikan.

Data semua temuan BPK itu sudah disiapkan. Kalau nanti sudah dikoordinasikan ke bupati, maka segera dilimpahkan ke APH,” tutupnya. [tmc]



                   



Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00