Kelola DD, Masih Banyak Desa Belum Didampingi TP4D

Daerah  RABU, 12 JUNI 2019 , 16:10:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Kelola DD, Masih Banyak Desa Belum Didampingi TP4D
RMOLBengkulu. Hingga saat ini setidaknya baru satu kecamatan yang desanya mengajukan pendampingan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Rejang Lebong.

Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, Edi Utama melalui Kasi Intelejen, Richard Sembiring mengatakan, desa-desa yang sudah meminta pendampingan TP4D Rejang Lebong dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) itu berada di Kecamatan Curup Utara.

"Sejauh ini baru desa-desa di Kecamatan Curup Utara yang mengajukan pendampingan TP4D, itu pun belum seluruh desa," kata Richard yang juga Ketua TP4D Rejang Lebong, kepada RMOLBengkulu, Rabu (12/6).

Pendampingan yang dilakukan TP4D terhadap pengelolaan DD dan ADD itu menurut dia hanya sebatas pendampingan secara hukum, bukan pendampingan menyeluruh, mengingat dalam pengelolaan dana tersebut masing-masing sudah ada tim pendampingnya.

"Pendampingannya hanya bersifat super visi, bukan format TP4D seperti umumnya, karena kita kan keterbatasan personil, jadi kita tidak monitoring satu persatu kelapangan, melainkan bagi desa yang membutuhkan saran atau kebingungan dalam hal aturan hukum silahkan konsultasi," bebernya.

Pendampingan terhadap pengelolaan DD dan ADD itu sendiri ditambahkan dia, format bakunya merupakan jaga desa dari Kejaksaan Tinggi, yang kemasannya berupa pendampingan TP4D.

Pihaknya berharap, bagi desa lainnya yang belum mengajukan pendampingan agar dapat berkonsultasi ke TP4D sebelum kegiatan dilaksanakan, sehingga pendampingan yang dilakukan bisa sejak awal.

"Bagi desa yang belum memahami masalah hukum dan regulasi silahkan datang, guna meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan DD dan ADD," demikian Richard. [ogi]


                   



Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00