Camat Pinang Belapis Tawarkan Diri Sebagai PJS Kades

Daerah  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 07:43:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Camat Pinang Belapis Tawarkan Diri Sebagai PJS Kades

Reko Haryanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong memastikan telah menerima usulan dari pihak Kecamatan Pinang Belapis, terkait usulan Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa (Kades) Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis.

Menariknya, dalam usulan tersebut Plt Camat Pinang Belapis, Herwantoni mengusulkan diri sendiri sebagai PJS Air Kopras. Termasuk salah satu staf asal Pemerintah Kecamatan Pinang Belapis.

Kadis PMDS Kabupaten Lebong, Reko Haryanto membenarkan atas surat yang diusulkan camat tersebut kepada Bupati Lebong Rosjonsyah. Namun usulan tersebut nantinya akan diverifikasi oleh PMDS Lebong.

"Benar, kita telah menerima suratnya pada hari ini (senen, Red). Tapi kita akan verifikasi dulu," kata Reko Kepada RMOLBengkulu, Rabu (29/5) siang.

Baca juga: Diduga Tilep Uang Rp 190 Juta, Kades Air Kopras Resmi Ditahan Jaksa

Disamping itu, lanjut Reko, revisi juga diminta sembari menunggu pertimbangan pimpinan daerah. "Minimal 3 nama calon yang telah memenuhi kriteria memimpin sebuah desa," singkat Reko.

Diketahui sebelumnya Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong resmi menetapkan Kades Air Kopras berinisial AF sebagai tersangka (Tsk).

Penahanan AF diduga terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (TA) 2016 dengan pagu sebesar Rp 790 Juta.

Kegiatan itu diperuntukkan untuk pembangunan Jalan Desa, Jalan Usaha Tani, Sarana Air Bersih, dan Pembangunam Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Dari hasil penyidikan, AF diduga telah menyelewengkan keuangan desa dengan memark-up dana beberapa program atau proyek yang dikerjakan oleh desa selama ia menjabat. Selisih yang ditemukan Jaksa mencapai Rp 190 juta yang ditengarai sebagai kerugian negara. [tmc]



Komentar Pembaca