Suap Izin Tinggal WNA, KPK Cokok Pejabat Imigrasi

Hukum  SELASA, 28 MEI 2019 , 14:12:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Suap Izin Tinggal WNA, KPK Cokok Pejabat Imigrasi

Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarief/Net

RMOLBengkulu. Pimpinan KPK kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa dinihari (28/5).

Tangkap tangan dilakukan lembaga anti rasuah ini diduga terkait suap perkara izin tinggal Warga Negara Asing (WNA) di NTB. Bahkan, tim KPK berhasil mengamankan sejumlah pejabat Imigrasi dan pihak swasta serta uang ratusan juta juga diamankan oleh KPK.

"KPK melakukan tangkap tangan di daerah NTB. Delapan orang dibawa ke polda setempat untuk dilakukan pemeriksaan awal. Mereka terdiri dari unsur pejabat dan penyidik imigrasi serta pihak swasta. Diamankan uang ratusan juta yang diduga merupakan barang bukti suap untuk mengurus perkara di imigrasi," kata Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarief saat dihubungi, Selasa (28/5).

"Kami menindaklanjuti informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan pemberian uang pada pejabat Imigrasi setempat terkait dengan izin tinggal WNA di sana," sebutnya.

Sesuai hukum acara, lanjut Laode, KPK tetap memberikan waktu selama 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan saat OTT.

"Informasi lebih lengkap akan disampaikan saat konferensi pers di KPK," demikian Laode dilansir RMOL.id. [tmc]




Komentar Pembaca
Seragam Pertamina Ahok

Seragam Pertamina Ahok

RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 06:09:00