Pengambilan Obat Penyakit Kronis Bisa Lebih Awal

Daerah  SENIN, 27 MEI 2019 , 19:55:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pengambilan Obat Penyakit Kronis Bisa Lebih Awal

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Selama libur lebaran 2019, peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang menderita penyakit kronis bisa melakukan pengambilan obat lebih awal dibanding biasanya.

"Bagi peserta JKN-KIS penderita penyakit kronis, bisa mengambil obat lebih awal jika pengambilan obat penyakit kronis peserta JKN-KIS jatuh pada masa libur lebaran," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara saat menggelar konferensi pers dan buka bersama awak media, Senin (27/5).

Kebijakan tersebut menurut dia mulai berlaku selama libur lebaran 2019, yakni terhitung 29 Mei hingga 13 Juni 2019,
Dijelaskan dia, bagi peserta penderita penyakit kronis, obat yang diberikan maksimum 30 hari sesuai indikasi medis dan mengacu pada formularium nasional dengan ketentuan, jika jadwal pengambilan obat jatuh pada masa mudik lebaran, maka peserta dapat mengambil obat sebelum habis, lebih cepat dari jadwal pengambilan obat berikutnya.

Kemudian, untuk obat program rujuk balik (PRB) maka peserta JKN-KIS bisa mengambil obat di apotek PRB, selanjutnya untuk obat penyakit kronis di Faskes rujukan tingkat lanjut atau FKTRL, maka peserta bisa mengambil di instalasi farmasi rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dia menambahkan, untuk peserta PRB bisa mengambil obat diapotik PRB daerah tujuan mudik dengan syarat, diresepkan oleh dokter FKTP setempat, serta membawa buku kontrol program rujuk balik atau surat oengantar dokter agar diketahui jenis obatnya.

"Untuk penderita penyakit non kronis sendiri juga bisa mengambil di FKTRL tujuan mudik dengan ketentuan, membawa surat rujukan, diresepkan oleh dokter, surat rujukan hanya berlaku satu kali di diagnosa dan  maksimal kunjungan satu kali sebulan," imbuhnya.

Sementara itu untuk jumlah peserta JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup sendiri disebutkan Iman, sebanyak 4.728 per Mei 2019, tersebar di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong dan Bengkulu Utara.

Selain itu, pada libur lebaran nantinya juga BPJS Kesehatan memberikan pelayanan khusus di kantor BPJS Kesehatan yakni tanggal 3,4 dan 7 Juni 2018, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. [ogi]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00