Raih WTP Lima Kali, Lebong Akan Terima DID Rp 15 Miliar

Daerah  SENIN, 27 MEI 2019 , 18:44:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Raih WTP Lima Kali, Lebong Akan Terima DID Rp 15 Miliar

Wuwun Mirza/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali mendapat reward atas keberhasilan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu untuk kelima kalinya.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Wuwun Mirza. "Dari WTP itu, Pemkab Lebong akan diberikan reward berupa DID,” ujarnya, belum lama ini.

Dia mengaku, jika berkaca pada tahum sebelumnya Dana Insentif Daerah (DID) yang diterima Lebong kurang lebih Rp 15 miliar. Namun tahun ini, belum dipastikan berapa besaran yang akan didapatkan.

"Kemungkinan untuk tahun ini lebih dari itu, karena jika setiap tahunnya dapat, maka DID juga akan bertambah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa pencairan reward untuk Lebong berupa DID tersebut, akan cair setelah APBD disahkan, baru akan diberikan. Untuk pencairan, nanti kita akan berkoordinasi dengan pusat," tambahnya.

Untuk kegunaan DID tersebut kata Wuwun, tidak bisa digunakan sembarangan. Nantinya, akan digunakan sesuai dengan juknis yang telah ditentukan.

"Kegunaannya untuk kesehatan, Pembangunan infrastruktur. Nanti ada petunjuk dari Kementrian, jadi tidak bisa kehendak kita," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto mengatakan, komitmen pihak Dewan untuk terus mendorong terwujudnya pengelolaan daerah yang transparan dan akuntabel.

"Kita juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan dedikasi semua pihak terkait, sehingga kita bisa kembali meraih opini WTP untuk yang ke lima kalinya. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan untuk tahun tahun selanjutnya,” demikian Teguh. [tmc]




Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00