Menyikapi Dinamika Pemilu, IMM Bengkulu Akan Gelar Aksi Hari Ini

Nusantara  JUM'AT, 24 MEI 2019 , 04:41:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Menyikapi Dinamika Pemilu, IMM Bengkulu Akan Gelar Aksi Hari Ini
RMOLBengkulu. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bengkulu akan menggelar aksi mimbar bebas di Simpang Lima Jalan Ratu Sambn Kota Bengkulu pada, Jumat (24/5).

Seruan aksi ini dilakukan dalam rangka
Menyikapi dinamika pemilu 2019 yang berujung pembungkaman atas demokrasi. Selaku ketua umum IMM Kota Bengkulu, Jaka Dernata menjelaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk kepedulian pemuda atau mahasiswa dalam  sistem demokrasi di Indonesia serta mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini.

"Aksi ini bentuk keterpanggilan IMM atas kondisi demokrasi kebangsaan yang semakin mengkhawatirkan pasca gelaran pemilu 2019. Kita sudah menggelar rapat lintas pengurus di semua tingkatan termasuk masing-masing komisariat di tingkat kampus untuk melakukan  dengan berorasi di Simpang 5 Ratu Samban Kota Bengkulu," kata Jaka Dernata,  Kamis (23/5) Kepada RMOLBengkulu.

Seruan aksi ini juga dilakukan karena adanya pergeseran arah demokrasi bangsa di tengah hiruk pikuk kepemiluan sehingga rakyat pecah belah karena nafsu pihak-pihak yang sedang bertarung di panggung politik kekuasaan.

"IMM selaku organ kepemudaan yang memperjuangkan amar makruf nahi mungkar tentu bertanggungjawab penuh untuk menuntun arah demokrasi kepada jalan yang lurus. IMM menginginkan indonesia yang damai adil dan bermartabat, kami rindu anak bangsa yang penuh keakraban, tidak ada sekat jauh dari intrik karena kita semua adalah NKRI. Demokrasi adalah jalur berbangsa yang kita pilih dan pemilu adalah poros dari demokrasi itu, tugas kita untuk menjaga marwah dan martabatnyaā€¯ sambung Jaka.

Selain seruan aksi IMM Kota Bengkulu, ada 6 poin tuntutan IMM Bengkulu atas kondisi kebangsaan hari ini. Enam poin tuntutan tersebut berkaitan dengan kondisi saat ini yang sedang dihadapi bangsa Indonesia, diantaranya adalah :

1. Selesaikan pemliu secara konstitusional, damai, adil dan beradab

2. Stop pembungkaman demokrasi penyalahgunaan kekuasaan

3. Lakukan otopsi terhadap petugas pemilu yang gugur dalam tugas dan segera bentuk Tim Pencari Fakta atas Isu kecurangan pemilu 2019 yang beredar luas di tengah masyarakat.

4. Meminta penyelengara pemilu, TNI-POLRI, Pers dan seluruh instansi bernegara untuk menjaga profesionalitas dan netralitas dalam mengawal proses pemilu hingga tuntas.  

5. IMM memandang Indonesia sebagai darul ahdi wa syahada.

6. Menghimbau dan mengajak masyarakat Bengkulu untuk tidak terprovokasi denga situasi politik kebangsaan yang sedang memanas. [ogi]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00