Penetapan Kursi Dan Caleg Terpilih Rencananya Minggu Ini, Tapi..

Daerah  RABU, 22 MEI 2019 , 07:41:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Penetapan Kursi Dan Caleg Terpilih Rencananya Minggu Ini, Tapi..

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menjadwalkan, pleno penetapan caleg terpilih DPRD Kabupaten Lebong dan perolehan kursi bakal dilaksanakan dalam minggu ini. Menyusul pleno rekapitulasi dan penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat nasional telah dilaksanakan.

Bahkan, penetapan perolehan kursi dan Caleg terpilih DPRD Lebong dijadwalkan paling lama 3 hari setelah tidak adanya gugatan ke MK terhitung mulai tanggal 22-24 Mei 2019. Namun untuk pastinya, KPU Lebong masih harus berkoordinasi dengan KPU Provinsi Bengkulu terlebih dahulu.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lebong, Yoki Setiawan saat dikonfirmasi RMOLBengkulu.

"Penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih memang akan dilaksanakan setelah putusan KPU RI secara nasional. Waktunya dalam rentan 3 hari karena memberikan ruang, kemungkinan akan ada perselisihan atau gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi," kata Yoki.

Ditambahkan Yoki, selanjutnya jika memang tidak ada gugatan, maka penetapan caleg DPRD Lebong terpilih dan perolehan kursi bisa dilakukan.

Namun jika ada gugatan, maka akan menunggu sampai selesai putusan Mahkamah Konstitusi, baru kemudian bisa menetapan caleg terpilih dan perolehan kursi.

"Jika tidak ada gugatan, direncanakan nanti pleno penetapan caleg terpilih dan perolehan kursi dilakukan," jelasnya.

Setelah melalui proses tersebut, lanjut Yoki, maka hasil pleno penetapan caleg terpilih dan perolehan kursi DPRD Kabupaten Lebong juga baru bisa diumumkan kepada masyarakat.

"Intinya kita tunggu perkembangan terbaru dari KPU Provinsi Bengkulu, apakah dilaksanakan serentak atau jadwal dikembalikan ke KPU masing-masing," demikian Yoki. [tmc]



Komentar Pembaca