Tahun Ini Rejang Lebong Bakal Tera Ulang Sendiri

Daerah  KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Tahun Ini Rejang Lebong Bakal Tera Ulang Sendiri

Nahwan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Selama ini Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Rejang Lebong melakukan  pengujian timbangan atau tera ulang timbangan para pedagang di wilayah itu dengan meminta bantuan dari Pemprov Bengkulu.

Kepala Dinas Perdagangan, Beni Irawan melalui Kabid Perdagangan, Syamsul Bahri didampingi Plt. Kasi Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian, Nahwan mengatakan, selama ini pihaknya belum memiliki alat dan cap tanda tera sendiri sehingga meminta bantuan Pemprov Bengkulu.

"Selama ini kita meminta bantuan provinsi untuk melakukan tera ulang, namun untuk tahun 2019 ini mudah-mudahan kita lakukan tera ulang sendiri," kata Nahwan dikonfirmasi RMOLBengkulu, Kamis (16/5).

Dibeberkan dia, tahun ini pihaknya bakal memiliki alat kemetrilogian untuk tera ulang sendiri, dimana alat tersebut tahun ini dianggarkan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) perdagangan yang saat ini tengah dalam proses lelang, pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp. 669,4 juta.

Jika nantinya alat tersebut telah tersedia, maka selanjutnya pihaknya akan mengajukan cap tanda tera ke Direktorat Metrologi, Kementrian Perdagangan agar bisa melakukan tera ulang sendiri.

"Kemugkinan bulan Juli nanti alat tersebut selesai lelang, kemudian bulan Agustus pemgajuan cap tanda tera, sehingga kita targetkan bulan September tera ulang alat ukur bisa laksanakan," imbuhnya.

Selama ini sendiri pelaksanaan tera ulang dijadwalkan pihaknya sebanyak tiga kali dalam setahun disejumlah titik, sementara jika memiliki alat sendiri maka pihakanya menargetkan bisa melaksanakan tera ulang di 15 kecamatan. [ogi]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan