Rawan Banjir Dan Longsor, Warga Genting Akan Direlokasi

Daerah  JUM'AT, 10 MEI 2019 , 21:04:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Rawan Banjir Dan Longsor, Warga Genting Akan Direlokasi

Edi Hermansyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Warga Desa Genting Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini masih menetap di pengungsian pasca bencana banjir yang terjadi dikabupaten Benteng bulan April lalu. Masih tinggal di pengungsian lantaran rumah mereka masih dipenuhi lumpur yang sudah mengeras.

Dengan kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Benteng beserta OPD terkait akan mengambil sikap atas kejadian yang membuat warga sampai saat ini belum bisa menghuni rumahnya tersebut.

Terutama akan merelokasi warga ke tempat yang lebih aman, persisnya tidak jauh dari desa itu. Begitu disampaikan Penjabat Sekda Benteng, Edi Hermansyah, belum lama ini.

"Pemda Benteng saat ini sedang menyusun rencana terpadu untuk melakukan relokasi pemukiman warga. Tentunya ke lokasi pemukiman baru yang tidak terlalu jauh dengan desa yang sudah ada saat ini. Rencana ini disusun dengan melibatkan berbagai pihak," katanya.

Dikatakannya juga, bahwa Desa Genting dipepet oleh dua aliran sungai, yakni sungai Lemau dan sungau Kelindang. Sehingga ketika debit air naik, desa tersebut akan dengan mudahnya terdampak banjir.

"Desa genting juga diapit oleh Sungai Lemau dan Sungai Kelindang. Ketika kedua sungai tersebut meluap, seluruh pemukiman terkena dampak banjir dan longsor," terang Edi.

Lebih lanjut Edi yang juga menjabat sebagai Plt Kadinkes Benteng tersebut mengatakan, warga yang dibantu oleh Personel TNI-Polri serta BPBD Benteng telah berupaya membersihkan lumpur yang mulai mengeras tersebut. Sekalipun ketersedian air bersih di lokasi pengungsian.

"Sembari menunggu wacana relokasi dimatangkan, Dinkes juga akan menyiapkan Pusling di Desa Genting. Untuk suplai air bersih, kami juga terus berkoordinasi dengan PDAM Tirta Rafflesia sebagai penyedia air," tutup Edi. [tmc]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00