Dua Intake Dihantam, Distribusi Air Tersendat

Daerah  RABU, 08 MEI 2019 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dua Intake Dihantam, Distribusi Air Tersendat

Intake Air Gadis/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Distribusi air bersih bagi warga di Kecamatan Lebong Utara hingga Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, tersendat sejak Rabu (8/5).

Tidak optimal pelayanan pasokan air ini karena bendungan Intake Air Baku, yang terletak di Desa Ladang Palembang, Kecamatan Lebong Utara, tertupi akibat hantaman material batu dan pasir, Selasa (7/5) kemarin.

Bahkan, ini untuk kedua kalinya setelah bendungan itu tertutupi material longsor pada tanggal 6 Februai 2019 lalu. Tak hanya itu, nasib serupa juga terjadi pada Intake Air Gadis yang terletak di Desa Ajai Siang, Kecamatan Topos.

Dirut PDAM Tirta Tebo Emas (TTE) Lebong, Sopian Razik, mengungkapkan, bendungan itu tertupi material setinggi lebih kurang 1,5 meter akibat terseret terjangan air bah yang bersumber dari aliran sungai.

"Intake Air Gadis dan Air Udik Ladang Palembang tertimbun longsor material batu," kata Dirut kepada RMOLBengkulu.

Dia menyatakan, untuk membersihkan tumpukkan material itu diperlukan satu unit ekskavator. Tujuannya agar distribusi air bersih ke sejumlah kecamatan tersebut kembali normal.

"Air hidup tapi kecil. Bersihkan timbunan material dengan tenaga manusia, saya rasa tak akan mampu. Untuk itu kami mohon bantuan pihak BWS VII karena masih kewenangan Ditjen SDA Kementerian PUPR," demikian Sopian. [tmc]



Komentar Pembaca