DA1 Dipersoal Di Gakumdu, Bawaslu Jadwalkan Pemeriksaan

Daerah  RABU, 08 MEI 2019 , 05:04:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

DA1 Dipersoal Di Gakumdu, Bawaslu Jadwalkan Pemeriksaan

Rapat Gakumdu/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong akan memeriksa sejumlah pihak terkait belum ditemukannya sampul berisi formulir model DA1 PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, pada kotak pemilihan PPK Kecamatan Lebong Utara.

Hal Itu disampaikan Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Lebong, Sabdi Destian usai menggelar pembahasan tahap pertama di sekretariat Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang terdiri dari Polisi, Kejaksaan, dan Bawaslu sendiri.

"Hasil pembahasan tahap pertama di Gakumdu sudah memenuhi syarat formil dan materil, maka akan diseret ke Sentra Gakumdu," ujar Sabdi kemarin (7/5) kepada RMOLBengkulu.

Dia mengaku akan memanggil sejumlah pihak untuk dimintai keterangan. Diantaranya penyelenggara pemilu tingkat Kecamatan dan Kabupaten, para saksi Parpol dan sejumlah terkait yang terlibat dalam hal ini.

"Terkait apakah ada memenuhi unsur pidana atau tidak nanti kita akan bahas di pembahasan dua sentra Gakumdu atau usai sejumlah pihak diklarifikasi pada tahap pertama ini," demikian Sabdi.

Untuk diketahui, tiga Partai di Kabupaten Lebong meliputi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat, DPD NasDem, dan DPD Partai Berkarya melaporkan KPU Lebong ke Bawaslu, pukul 15.30 WIB, Senin (6/5).

Dalam pelaporannya, penyelenggara diduga melakukan tindak pidana Pemilu lantaran dokumen negara berupa formulir DA1 berisi formulir model DA1 PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada kotak suara PPK Kecamatan Lebong Utara tidak ditemukan.

Bahkan, sudah tertuang dalam berita acara KPU Lebong nomor : 83/PL.01.7-BA/1707/KPU-Kab/IV/2019 tentang Tidak Ditemukannya Formulir Model DA1-PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Pada Kotak Pemilihan PPK Kecamatan Lebong Utara.

Terpisah, hingga berita ini diterbitkan belum ada satupun pihak KPU Lebong yang bisa dikonfirmasi. Begitu pula saat disambangi dikantornya, kemarin (7/5) siang. [tmc]





Komentar Pembaca