Surat Suara Tertukar, KPU Dipanggil Bawaslu

Daerah  SENIN, 06 MEI 2019 , 04:29:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Surat Suara Tertukar, KPU Dipanggil Bawaslu

Supirman/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tertukarnya surat suara di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Bengkulu Tengah-Bengkulu Utara dengan Dapil 5 Kepahiang serta Dapil 3 dan Dapil 4 tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah, untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Taba Baru dengan TPS 2 Pematang Tiga lama kecamatan pematang tiga Benteng pada Pemilu 2019 17 April lalu, saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Benteng sedang melakukan kajian terhadap hal tersebut.

"Kita sudah memanggil kelima Komisioner KPU, sekretaris, kasubag keuangan dan logistik kasubag hukum, termasuk staff yang mengawasi pelipatan dan penyortiran," ujar Ketua Bawaslu Benteng, Asmara Wijaya melalui Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Supirman baru-baru ini.

"Kami sedang melakukan kajian dan kita tengah melakukan penggalian-penggalian kepada pihak terkait dengan penyortiran pelipatan dan pengepakan surat suara," sambungnya.

Disisi lain, apakah hal itu masuk dalam indikasi kesengajaan atau sebaliknya ia enggan berspekulasi. Namun, dipastikannya temuan itu akan tetap ditindaklanjuti.

"Jadi diranah kita inikan hanya melihat dari proses, kalau memang itu ada kesengajaan berarti bisa larinya ke etik, bisa juga lari kepidana," ucapnya.

Dia menambahkan, sampai sekarang ini temuan itu masih normatif. Belum bisa dibuktikan dalam indikasi kesengajaan. "Kalau kelalaian sanksinya di KPU, tapi kita belum sampai kepada kajian-kajian terhadap sanksi," demikian Supirman. [tmc]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00