Bawaslu: Tidak Dibenarkan Memasang Spanduk Klaim Kemenangan

Politik  KAMIS, 02 MEI 2019 , 18:24:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Bawaslu: Tidak Dibenarkan Memasang Spanduk Klaim Kemenangan
RMOLBengkulu. Tahapan demi tahapan Pilpres dan Pileg 2019 serentak belum sepenuhnya selesai. Namun akhir-akhir ini muncul fenomena klaim kemenangan yang dilakukan oleh tim-tim pemenangan calon presiden. Bahkan spanduk-spanduk ucapan selamat atas kemenangan pun banyak ditemukan di beberapa tempat.

Ketua badan pengawas pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar menyikapi proses serta tahapan-tahapan Pemilu serentak ini secara proporsional.

"Kita harap masyarakat untuk dapat menahan diri ketika tahapan Pemilu serentak ini masih berlangsung. Janganlah saling klaim mengklaim menang, lebih baik kita kawal proses yang ada sesuai dengan aturan," kata Parsadaan di Hotel Santika, Kamis (2/5).

Ia juga mengingatkan kepada semua elemen masyarakat khususnya tim pemenangan di provinsi Bengkulu untuk tidak memasang spanduk-spanduk klaim kemenangan. Menurutnya hal tersebut hanya akan membuat masyarakat terprovokasi sehingga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk membuat kekacauan.

"Tidak dibenarkan memasang spanduk, karena hanya akan memprovokasi masyarakat dan ini juga belum waktunya," ucapnya.

Sementara itu ketua KPU provinsi Bengkulu, Irwan Syahputra juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berusaha melakukan tahapan-tahapan Pemilu dengan  sangat transparan dan terbuka. Ia juga berharap Pemilu serentak yang pertama kali dalam sejarah ini dapat menjadi Pemilu yang berintegritas dengan dilakukan secara profesional.

"KPU sudah sangat transparan dalam melakukan tahapan demi tahapan dalam Pemilu. Kita berharap apapun hasilnya nanti dapat diterima oleh masyarakat," ungkapnya.

Senada dengan ketua majelis ulama Indonesia (MUI) provinsi Bengkulu, Prof Rohimin  yang mengingatkan masyarakat untuk selalu berpedoman pada peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menahan diri dan jangan mencampur adukkan antara agama dan politik.

"Mari kita sama-sama menahan diri, tetap ikuti aturan mainnya. Kita berdoa saja siapapun nanti yang menang dapat menjalankan tugas dengan amanah untuk kemaslahatan ummat," tuturnya. [ogi]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00