Anggaran Kebencanaan Seharusnya Lebih Diutamakan Ketimbang LCC

Daerah  SELASA, 30 APRIL 2019 , 19:05:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Anggaran Kebencanaan Seharusnya Lebih Diutamakan Ketimbang LCC

Longsor Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Alokasi anggaran kebencanaan semestinya harus lebih diutamakan dibandingkan pembangunan Lebong Command Center (LCC) yang belum terlalu urgent bagi masyarakat di Kabupaten Lebong.

Hal itu sebagaimana disampaikan salah satu tokoh pemuda Kabupaten Lebong, Rozi Antoni. Menurutnya, Lebong yang kerap dilanda bencana alam seharusnya porsi anggaran kebencanaan lebih diutamakan.

"Kita bingung selama ini LCC yang lebih didamba-dambakan. Padahal, Lebong rawan bencana alam. Ini kan jelas membingungkan. Tentu, kita semua harusnya tahu mana yang lebih penting," ujarnya kepada RMOLBengkulu, Selasa (30/4).

Baca juga: Wawan: Jangan Asal Bangun

Dia juga mengingatkan, Pemkab Lebong dalam hal ini jangan fokus pada program jangka pendek. Apalagi, kehadiran LCC telah menguras anggaran miliaran rupiah atau jauh dari anggaran BPBD dalam setahun.

"Porsi anggaran tentu berimbas pada operasional tim kebencanaan. Kedepannya kami minta hal seperti ini harus dievaluasi. Kita tidak mau warga mulai resah karena tanggap kebencanaan kurang optimal gara-gara ini," tegasnya.

Misalnya, kata Rozi, seperti logistik  BPBD sempat habis saat mencari korban yang hanyut di Sungai Ketahun belum lama ini.  "Hal seperti inilah menurut kita imbas dari anggaran yang minim," tutupnya. [tmc]




Komentar Pembaca