Indikasi Kecurangan Pemilu Mencuat Di Curup Selatan

Daerah  MINGGU, 28 APRIL 2019 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Indikasi Kecurangan Pemilu Mencuat Di Curup Selatan

Pleno PPK Curup Selatan

RMOLBengkulu. Meski proses pleno rekapitulasi perhitungan suara di tingkat PPK telah selesai, namun masih ada namun indikasi kecurangan Pemilu mencuat pada proses pleno di Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu lalu.

Indikasi kecurangan Pemilu itu sempat direkam oleh salah satu saksi Partai saat mengikuti proses pleno di Kecamatan Curup Selatan, video yang terdiri dari tiga cuplikan dengan lama durasi hingga tiga menit itu merekam permasalahan di pleno tersebut.

Salah satu saksi dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Fajri membeberkan, indikasi kecurangan tersebut ditemukan di TPS 08 Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan.

"Indikasi kecurangan itu pada TPS 08 Kelurahan Temoel Rejo, kami masih merasa keberatan atas hal tersebut," kata Fajri kepada RMOLBengkulu, belum lama ini.

Dijelaskan dia, adanya indikasi kecurangan itu pertama didapat yakni C1 hologram di TPS 08  tidak dikumpulkan dalam satu kotak yaitu di kotak suara Pilpres sebagaimana mestinya, namun justru ditemukan dimasing-masing kotak suara sesuai dengan jenis surat suaranya, hal tersebut mereka ketahui saat sebagian kotak suara di TPS 08 dibuka.

"Selain itu saat mencari C1, kami juga melihat seluruh kotak suara di TPS 08 sudah terbuka semua segelnya," imbuhnya.

Tak hanya itu dilanjutkan Fajri, indikasi kecurangan juga ditemukan pada C1 hologram yang tidak ditanda tangani oleh saksi-saksi dari Parpol peserta Pemilu, sedangkan C1 yang dipegang para saksi telah ditandangani.

Atas temuan itu, sebelumnya pihaknya telah menyampaikan keberatan ke PPK Curup Selatan yang kemudian menkadi catatan khusus pihak PPK dan akan dibahas saat selesai pleno di PPK Curup Selatan, hanya saja hingga pleno ditingkat PPK Curup Selatan selesai indikasi kecurangan tersebut tak dibahas.

"Kami hanya ingin pelaksanaan Pemilu ini jujur dan adil, tidak mementingkan beberapa pihak saja melainkan kepentingan bersama, kami ingi pelaksanaan Pemilu transparan," harap Fajri.

Disisi lain, Ketua PPK Curup Selatan Sabirin Absah dikonfirmasi sebelumnya menyatakan, bahwa tidak ada permasalahanan dalam pleno do tingkat PPK, termasuk indikasi kecurangan di TPS 08 Kelurahan Tempel Rejo.

"Untuk kelurahan Tempel Rejo tidak ada masalah dan sudah kami plenokan," demikian Sabirin. [nat]




Komentar Pembaca