Air Setinggi Lutut Kepung Puluhan Rumah Warga

Daerah  JUM'AT, 26 APRIL 2019 , 20:48:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Air Setinggi Lutut Kepung Puluhan Rumah Warga

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dalam waktu tak cukup empat jam, atau tepatnya sejak pukul 14.08 WIB hujan deras yang melanda Wilayah Lebong, mengakibatan sekitar 60 rumah warga terendam banjir, Jum'at (26/4).

Banjir setinggi 30 cm atau setinggi lutut orang dewasa menggenangi sekitar puluhan rumah di Gang Tanjung Harapan Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong.

Salah satu warga setempat Shaffan Mujahid (48) mengungkapkan, banjir ini kiriman dari limpahan Air Amen dan Air Kotok yang meluap dan menjalar ke pemukiman warga.

"Seperti biasa akibat luapan Air Kotok dan Air Amen," ujar Shaffan kepada RMOLBengkulu.

Diakui Shaffan ini bukan untuk pertamakalinya banjir di wilayah mereka terjadi. Namun sudah menjadi langganan, terutama saat intensitas hujan tinggi. "Rata-rata ketinggian air satu meter. Sekarang sudah masuk ke rumah kami pak," sambungnya.

Ditambahkan Shaffan, Ia khawatir ketinggian air akan kembali naik hingga mencapai satu meter. Pasalnya, sekitar pukul 20.40 WIB hujan masih mengguyur di wilayahnya.

"Banjir yang masuk kerumah bukan hanya air biasa melainkan air campur lumpur," tutupnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, kondisi banjir ini dikhawatirkan akan bertambah tinggi bila hujan terus turun. Saat ini hanya sedikit warga yang memilih mengungsi. Sedangkan, kebanyakan memilih bertahan di dalam rumah sembari menaruh barang ke tempat yang lebih tinggi. 

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi saat dikonfirmasi mengimbau agar warga yang berdekatan dengan daerah aliran sungai tetap waspada.

Bahkan, ia meminta agar mengungsi ke tempat yang jauh dari daerah aliran sungai. "Kita minta warga tenang dan segera berkoordinasi dengan aparat setempat ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," singkat Rozi. [tmc]



Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11