Operasi Ketupat 2019 Dimulai Awal Mei

Hukum  JUM'AT, 26 APRIL 2019 , 19:46:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Operasi Ketupat 2019 Dimulai Awal Mei

Dedi Prasetyo/Net

RMOLBengkulu. Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Berkaitan kegiatan ini, kepolisian juga menyiapkan pengamanan di tiap daerah.

"Kita lebih fokus tiap-tiap daerah itu ini kita fokus untuk persiapan kegiatan Operasi Ketupat," ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (26/4).

Kegiatan Operasi Ketupat tahun ini akan dimulai awal Mei untuk memastikan kesiapan jalur mudik, khususnya di pelabuhan-pelabuhan dan tempat peristirahatan.

"Ini penting kesiapan mulai jalur mudik jalur balik kesiapan-kesiapan menyangkut masalah tempat-tempat, keberangkatan lalu lokasi-lokasi keberangakatan baik di pelabuhan udara, pelabuhan laut, pelabuhan sungai, pelabuhan danau itu perlu dipersiapakan dicek ulang kembali kesiapannya," paparnya.

"Kemudian tempat peristirahatan tempat-tempat keramaian lainnya objek-objek wisata itu semua harus dipersiapkan dengan baik. Mulai sekarang Polri sudah mulai membuat design rencana itu. Kami sudah mempersiapkan untuk Operasi Ketupat 2019," lanjutnya.

Terpenting juga dalam operasi ini bersama Polisi Lalu Lintas (Polantas) dan para stakeholder terkait akan meninjau langsung jalur mudik.

"Dari mulai pintu tol Bekasi sampai ke Brebes Exit (Brexit) kemudian Semarang sampai ke Surabaya cek semuanya apa yang menjdi kendala pada saat puncaknya arus mudik dan arus balik," terangnya.

Ia memperkirakan arus mudik dan balik tahun ini mengalami peningkatan 20-30 persen dibanding tahun lalu.

"Artinya volume kendaraan jaih lebih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan yng menggunakan jalur darat itu itu harus kita antisipasi secepat mungkin," tandasnya. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [ogi]



Komentar Pembaca