Kawal Pemilu, Media Online Bengkulu Buka Posko Pengaduan

Nusantara  JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 15:24:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Kawal Pemilu, Media Online Bengkulu Buka Posko Pengaduan

Riki Susanto

RMOLBengkulu. Menyikapi dinamika kepemiluan pasca pemungutan suara, media online di Provinsi Bengkulu resmi membuka posko pengaduan proses penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019. Posko ini ditujukan kepada seluruh peserta, penyelenggara, dan masyarakat yang ingin menyampaikan dinamika kepemiluan di Provinsi Bengkulu, baik pilpres maupun pileg.

Posko ini sebagai wadah alternatif bagi masyarakat yang ingin menyalurkan aspirasi kepemiluan baik itu yang bersifat keluh kesah atau ingin menyampaikan kegembiraan bisa juga dalam bentuk lain, kita siap tampung. Kita sifatnya hanya menampung aspirasi selanjutnya akan diproses melalaui mekanisme produk jurnalistik, keluaran dari posko ini adalah informasi publik yang sudah terverifikasi jadi bebas hoax” kata Riki Susanto inisiator pendiri posko yang juga pemimpin redaksi bengkuluinteraktif.com, Jumat (19/04).

Lanjutnya, posko pengaduan bukan pusat pengaduan seperti tugas Bawaslu dan instrumen pemilu lainnya yang bersifat pengawasan, posko hanya bersifat menampung informasi kepemiluan kemudian ditindaklanjuti dalam bentuk informasi kepada masyarakat yang diterbitkan media massa.

Kita melihat informasi yang berkembang di masyarakat itu banyak yang belum bisa dikonfirmasi kebenaranya, misalnya soal poto, video atau rekaman atau informasi lain terutama yang beredar di media sosial sehingga membingungkan masyarakat. Nah melalui posko ini kita mengajak masyarakat agar menyampaikan informasi-informasi itu ke posko yang kami buka untuk diverifikasi sesuai standar pemberitaan agar informasi yang beredar bisa dipertanggungjawabkan” kata Riki.

Menurut Riki posko ini bisa memudahkan masyarakat yang ingin mempublikasikan seluruh bentuk informasi yang diperoleh terkait pemilu karena menyediakn pusat layanan satu tempat, posko nantinya akan diisi oleh jurnalis-jurnalis dari berbagai media massa yang sudah menyatakan siap bergabung.

Saat ini sudah ada 2 media online yang menyatakan siap bergabung, ada RMOL Bengkulu, Tras.Id, posko utama di kantor bengkuluinteraktif.com Jalan Meranti 1 Sawah Lebar, tepatnya dibelakang stadion, kita terbuka bagi siapa saja yang  ingin menyampaikan informasi seputar kepemiluan” jelas Riki.

Terakahir, Riki mengatakan, posko pengaduan sengaja didirikan sebagai bentuk tanggungjawab moral media massa sebagai pilar demokrasi dalam rangka menwujudkan pemilu damai. Ia menambahakan, posko ini juga memudahkan kerja jurnalis karena dinamika pemilu yang sangat luarbiasa sehingga banyak informasi ditengah masyarakat yang tidak terjangkau.

Dua media online sudah menyatakan siap bergabung dan terus kita komunikasikan ke media-media lain, mudah-mudahan posko ini akan memudahkan bagi semua pihak termasuk kerja jurnalis itu sendiri, tujuan utamanya utuk meminimalisir informasi hoax di tengh masyarakat, harapan kita begitu,” tutup Riki.

Bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu yang ingin menyampaikan pengaduan dapat mendatangi posko utama kator bengkuluinteraktif.com dengan alamat Jl. Meranti 1 No. 19, Keluarahan Sawah Lebar Baru, Kota Bengkulu atau kantor Kantor Berita RMOL Bengkulu Jl. Perumnas UNIB RT.013 RW.04 Kel. Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Hotline Pengaduan : RMOLBengkulu : 082280512074/Telp.0736-7326625, Tras.Id : 08, Bengkuluinteraktif.com : 085268724987/Telp.0736-7342353. [ogi]




Komentar Pembaca