Berkat PLN, Entri Dan Pindai Di Situng Lancar

Nusantara  JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 11:24:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Berkat PLN, Entri Dan Pindai Di Situng Lancar

Operator Situng Sedang Pindai/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terobosan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muara Aman mengirim satu unit genset untuk membantu proses aliran listrik KPU terkait keperluan proses Pemilu 2019, ternyata berbuah manis.

Buktinya, beberapa kali aliran listrik sempat mati mendadak, Kamis (18/4) kemarin. Padahal, operator KPU sedang melakukan pemindaian sekaligus entri formulir C1 ke dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU.

Beruntung, satu unit genset dengan daya listrik 25000 Watt itu tidak menghentikan aktivitas pindai dan entri formulir C1. Begitu disampaikan Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebong, Yoki Setiawan.

"Posisi terakhir sudah tujuh Kecamatan per 17.56 WIB, Kamis (18/4). Sekirar 173 dari 363 TPS sudah melakukan pemindai dan entry," ujar Yoki dibincangi RMOLBengkulu, kemarin (18/4).

Baca juga: "MALAM BINTANG PUISIā€ HUT Ke-4 RMOL Bengkulu

Dia menjelaskan, tersisa 190 TPS yang belum melakukan pemindai dan entri formulir C1. Namun, dipastikannya data tersebut terus bergerak. Sebab, petugas terus melakukan input dan entri data.

"Tadi memang beberapa kali pemadaman listrik. Tapi, beruntung ada genset PLN beserta petugas PLN yang standby di KPU. Jadi, pemindai dan entri terus berlanjut," demikian Yoki.

Untuk diketahui, pemindaian tersebut dilakukan dengan mesin scanner, untuk kemudian langsung diunggah ke laman KPU RI. Sesuai dengan aturan, lembar C-1 harus discan oleh KPU menjadi file digital dan ditayangkan di laman KPU-RI. [tmc]



Komentar Pembaca