Hasil Hitung Suara TPS Akan Dipublikasi Di Situng

Daerah  RABU, 17 APRIL 2019 , 20:40:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Hasil Hitung Suara TPS Akan Dipublikasi Di Situng

Tampak Operator Situng Standby Di Kantor/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Warga di Kabupaten Lebong baru saja melakukan pencoblosan Pemilu 2019. Nantinya, hasil penghitungan suara akan dipublikasikan melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lebong, Devi Irawan menuturkan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan dimasukkan ke formulir C1.

Untuk selanjutnya, formulir itu akan dimasukkan ke Situng oleh KPU Lebong untuk dipublikasikan. Dimana dijadwalkan berlangsung Rabu (17/4) malam ini.

"KPPS-KPPS sudah selesai menghitung, lalu memasukkan formulir C1, kemudian formulir C1 yang dikirim ke KPU kabupaten/kota, lalu di-scan masuk ke dalam server kita dan dipublikasikan, itu Situng," ujarnya, Rabu (17/4).

Dia menjelaskan, Situng ini diperlukan untuk mempermudah kerja KPU. "Pada intinya ini penting bagi banyak pihak, begitu juga warga karena lebih terbuka dan transparan," sambungnya.

Meski begitu dia menyebut hasil Situng bukan merupakan hasil resmi yang ditetapkan oleh KPU. Dia mengatakan hasil resmi dilakukan melalui rekapitulasi secara berjenjang oleh KPU.

"Saya ingin ingatkan bahwa Situng itu hanya sebagai alat bantu mempercepat proses informasi, membantu jadi alat kontrol, tapi bukan hasil resmi yang ditetapkan KPU. Hasil resmi KPU adalah hasil yang direkapitulasi secara berjenjang, secara manual melalui berita acara," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00