Sulap Limbah Jadi Kolam Ikan, TPA BS Didapuk Terbaik Di Bengkulu

Daerah  SELASA, 16 APRIL 2019 , 06:45:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Sulap Limbah Jadi Kolam Ikan, TPA BS Didapuk Terbaik Di Bengkulu

Kadis DLHK BS Erwin Muchsin di Lokasi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Inovasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan (BS) menyulap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi kolam ikan lele berbuah manis.

Puncaknya, kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kayu Arau jeranglah Manna Bengkulu Selatan tahun 2019 ini dinobatkan terbaik satu di Provinsi Bengkulu.
 
Pantauan RMOLBengkulu, TPA seluas lima hektare ini sangat berbeda dengan TPA yang ada di kabupaten tetangga. Bagaimana tidak, TPA yang semestinya bau busuk disulap menyerupai seperti taman. Padahal, sekitar enam ton sampah tiap harinya diproduksi warga di daerah itu.

Kadis DLHK BS Erwin Muchsin, mengatakan, terobosan yang dilakukan oleh DLHK adalah hasil dari studi banding dengan daerah lain di luar Provinsi Bengkulu.

"Kalau tidak percaya silahkan datang langsung ke TPA baunya sangat tidak terasa seperti bukan TPA ini lantaran cara kita mengelolanya dengan benar,” terang Erwin, Senin (15/4) kemarin.

Baca juga: "MALAM BINTANG PUISI” HUT Ke-4 RMOL Bengkulu

Dia optimis delapan tahun kedepan TPA itu masih mampu menampung seluruh sampah yang ada di kabupaten BS. "Kita tidak berhenti untuk melakukan perbaikan agar TPA semakin baik dan tidak mencemari lingkungan,” papar Erwin.

Ia juga mengingatkan warga BS agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, DLHK telah menyediakan berberapa amrol sampah di sejumlah titik untuk memudahkan warga buang sampah.

"Kami tidak pernah bosan untuk mengingatkan pada warga agar baung sampah pada tempatnya dan siapapun boleh buang sampah di TPA ini,” demikian Erwin. [tmc]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00