Ini Tujuh Tuntutan Massa Depan Kantor Bupati Benteng

Daerah  KAMIS, 11 APRIL 2019 , 11:50:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Ini Tujuh Tuntutan Massa Depan Kantor Bupati Benteng

Tampak Massa Melakukan Aksi Dilapangan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejumlah Warga Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang tergabung dalam Forum Peduli Lingkungan (FPL) menggelar aksi damai di depan Halaman Kantor Bupati Benteng, Kamis (11/4) siang.

Aksi ini ditujukan bagi Bupati Benteng, Ferry Ramli. Sejumlah masyarakat itu terlihat membentangkan berbagai spanduk yang bertuliskan berbagai desakan.

Beberapa koordinator lapangan terlihat melontarkan berbagai tuntutan. Terutama menuntut agar PT Palma Mas Sejati (PMS) diberhentikan beroperasi. Lantaran mencemari lingkungan hidup yang diduga disebabkan atas pembakaran cangkang kelapa sawit milik PT PMS (CPO kelapa sawit) di Benteng.

"Tolong kami pak, perhatikan kami pak, jangan biarkan anak-anak desa kami sakit karena menghirup udara yang terus tercemar oleh asap bercampur debu. Kami minta tutup saja perusahaan itu," seruan pendemo dalam aksinya.

Baca juga: "MALAM BINTANG PUISIā€ HUT Ke-4 RMOL Bengkulu

Data terhimpun wartawan RMOLBengkulu dilapangan, ada tujuh tuntutan yang disampaikan massa, yakni :

1. Melakukan penghentian operasi produksi PT. PMS

2. Menghentikan seluruh kegiatan PT PMS

3. Mencabut seluruh instrument izin lingkungan PT.PMS karena telah melakukan pencemaran,merampas HAM dan hak konstitusi masyarakat Desa Talang Empat.

4. Menghentikan permanen Operasi Produksi PT. PMS.

5. Merekomendasikan proses hukum kepada pihak Kepolisian, Penegak hukum lingkungan dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, serta Ombudsman RI perwakilan Bengkulu.

6. Melakukan gugatan ganti rugi lingkungan kepada PT. PMS.

7. Meminta/memerintahkan PT.PMS untuk melakukan pemulihan atau restorasi sungan air Baseri didesa Talang Empat Kecamatan Katang Tinggi Benteng.

Hingga berita ini diterbitkan, massa saat ini masih menuggu hasil negosiasi antara perwakilan massa dengan Pemkab Benteng di ruang rapat kantor Bupati Benteng yang dipimpin Penjabat Sekda Edi Hermansyah. [tmc]

Komentar Pembaca