Oh...Ternyata Ini Alasan Kerjasama BPJS Dan RSTS Berakhir

Nusantara  KAMIS, 04 APRIL 2019 , 18:00:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Oh...Ternyata Ini Alasan Kerjasama BPJS Dan RSTS Berakhir

Rizki Lestari/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Berakhirnya kerja sama antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bengkulu dan Rumah Sakit Tiara Sela (RSTS) per 1 April 2019 akhirnya terjawab sudah.

Kepada RMOLBengkulu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bengkulu Rizki Lestari mengatakan, bahwa sebenarnya tidak ada pemutusan kerjasama antara BPJS Kesehatan Bengkulu dengan Rumah Sakit Tiara Sela. Hanya saja kontaknya berakhir pada tanggal 31 Maret lalu.

"Yang jelas kami sampaikan tidak ada pemutusan kerjasama, dan isu-isu yang beredar dengan istilah bahwa tidak diperpanjang secara sepihak dan itu tidak benar dan yang jelas memang masa kerjasamanya  sudah berakhir di 31 Maret 2019,” kata Rizki Lestari Kamis (4/4) siang.

Selain itu, ia enggan berspekulasi terkait siapa yang tidak memperpanjang kerjasama tersebut. Namun, diakuinya sudah berjalan sesuai evaluasi kedua belah pihak.

"Kenapa tidak diperpanjang karena memang ada beberapa hal yang belum sepakat antara kedua belah pihak, makanya kenapa belum diperpanjang ya karena belum ada kesepakatan selanjutnya,” sambungnya.

Lebih jauh dia menjelaskan kedua belah pihak sebelumnya sudah kooperatif. Hanya, saja hingga berakhirnya kontrak belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Kalau kami (BPJS Kesehatan) yang jelas akan berfokus pada pelayanan peserta, dan yang harus kami pastikan adalah peserta kami tetap mendapatkan pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Disisi lain, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak perlu khawatir terkait berakhirnya kerjasama tersebut.

"Menurut analisa yang kami lakukan dengan berkurangnya satu rumah sakit yang tidak melayani peserta JKN-KIS  di Bengkulu seharusnya tidak mengurangi dan mengganggu pelayanan kesehatan bagi peserta , kemudian  pelayanan kesehatan lain bisa dilakukan di rumah sakit yang masih bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” tutup Rizki. [tmc]

Komentar Pembaca