Pindah TPS Bagi Ratusan CPNS Tunggu Instruksi KPU Provinsi

Daerah  KAMIS, 04 APRIL 2019 , 06:11:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pindah TPS Bagi Ratusan CPNS Tunggu Instruksi KPU Provinsi

Yayan Hardian/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sedikitnya tercatat 153 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Lebong asal luar daerah telah bertugas di Kabupaten Lebong. Belum diketahui apakah mereka bisa menggunakan hak pilihnya di wilayah Lebong pada pemilu tahun 2019 mendatang.

Mengingat, adanya perpanjangan bagi pemilih yang hendak berpindah tempat pemungutan suara (TPS) atau pindah memilih hingga H-7 pemungutan suara atau 10 April 2019.

"Kita akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi apakah mereka ini termasuk dalam kriteria pindah tugas sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atau tidak," ujar Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Yayan Hardian, kemarin (2/4).

Pasca MK menetapkan keputusan, KPU RI langsung menindaklanjutinya melalui surat edaran nomor 577. Dalam surat edaran itu disampaikan hanya empat kategori yang dapat mengurus formulir A5.

Keempat kategori yang dimaksud adalah WNI yang tengah menjalankan tugas pada hari pemungutan suara, tengah menjalani hukuman di rutan dan lapas, tengah dirawat di rumah sakit, dan ke empat terkena bencana alam.

Namun, kata Yayan, sesuai ketentuan, pemilih yang menggunakan pindah pilih haknya terbatas sesuai domisili asal. "Ada beberapa catatan yang perlu diketahui dalam pindah memilih ini. Misalnya yang bersangkutan tinggal di Kota Bengkulu, maka dia hanya bisa coblos Capres/Cawapres, DPD RI, dan DPR RI," urai Yayan.

"Sebaliknya, kalau dia berasal dari Dapil yang sama atau dari Rejang Lebong untuk tingkat DPRD Provinsi. Maka dia bisa menggunakan hak suaranya untuk DPRD Provinsi. Tapi tetap, tidak bisa memilih DPRD Kabupaten karena bukan domisili asalnya," tutup Yayan. [tmc]



Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11